FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN KADER POSYANDU DALAM PENJARINGAN SUSPEK TUBERKULOSIS DI WILAYAH PUSKESMAS BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Syahminor Adhari, 100730343 (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN KADER POSYANDU DALAM PENJARINGAN SUSPEK TUBERKULOSIS DI WILAYAH PUSKESMAS BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
BAB I - gdlhub-gdl-s1-2010-adharisyah-10943-fkm500-f.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-adharisyah-10943-fkm500-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian penemuan kasus baru TB Puskesmas Banjang masih rendah terkait penjaringan suspek TB yang rendah. Keterlibatan kader posyandu dalam program kesehatan sangat menunjang, namun di dalam program penjaringan suspek TB selama ini peran tersebut belum optimal. Penelitian ini dilaksanakan ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peran kader posyandu dalam penjaringan suspek TB di wilayah Puskesmas Banjang. Penelitian ini menggunakan deskriprif observasional dengan jumlah sampel sebanyak 26 kader posyandu yang berada di wilayah Puskesmas Banjang. Variabel terikat adalah peran kader posyandu dalam penjaringan suspek TB dan variabel bebas adalah karakteristik kader, niat, dukungan sosial, keterjangkauan informasi, dan kewenangan kader. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pada 15 sampel dan 11 sampel dengan diskusi kelompok terarah. Data disajikan dalam bentuk tabel dan narasi secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa niat kader posyandu sebagian besar baik, dukungan seluruhnya adalah baik, sumber informasi yang banyak berperan adalah petugas kesehatan dan media massa, tingkat pengetahuan dan kewenangan kader posyandu sebagian besar baik, peran kader posyandu sebagian besar menyampaikan informasi kepada orang lain, dan menyarankan suspek TB untuk memeriksakan diri ke puskesmas. Sebagian kecil telah mengantar suspek TB untuk memeriksakan diri ke puskesmas, namun untuk merujuk belum dapat dilakukan. Untuk mengoptimalkan peran kader posyandu dalam penjaringan suspek TB perlu dilakukan pelatihan, monitoring evaluasi serta pengadaan formulir rujukan dan alokasi dana transport.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 50 09 Adh f
Uncontrolled Keywords: TUBERCULLOSIS;PUBLIC HEALTH
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Syahminor Adhari, 100730343UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item