ANALISIS POLA WAKTU PELAYANAN PASIEN di PUSKESMAS TANJUNGSARI SURABAYA TAHUN 2009

ANGGRAHENI SISWITASARI, 100730363 (2009) ANALISIS POLA WAKTU PELAYANAN PASIEN di PUSKESMAS TANJUNGSARI SURABAYA TAHUN 2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-siswitasar-12866-abstrak-9.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-siswitasar-11763-fkm283-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Waktu tunggu pasien merupakan salah satu mutu pelayanan kesehatan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola waktu pelayanan pasien di poli umum, poli gigi, dan poli KIA/KB Puskesmas Tanjungsari Surabaya, sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi pola kedatangan pasien serta menghitung waktu pelayanan pasien tiap poli dimulai dari loket sampai apotek. Berdasarkan sifat masalah dan analisis datanya penelitian ini termasuk penelitian observasional, ditinjau dari segi waktu termasuk penelitian cross sectional. Objek penelitian adalah waktu tunggu pasien mulai pasien di loket, di tiap poli sampai di apotek. Data yang dipakai adalah adalah data primer (observasi) serta data sekunder yang diperoleh dari puskesmas. Waktu penelitian mulai tanggal 22 Juni hingga 22 Juli 2009. Berdasarkan distribusi kedatangan pasien, distribusi pelayanan pasien, bentuk sistem antrian, disiplin antrian, jumlah maksimum pasien yang diperkenankan berada dalam sistem, dan besarnya populsi masukan maka model antrian pasien di poli umum, poli Gigi dan poli LIA/KB puskesmas tanjungsari adalah model (M/M/1) : (FCFS/~/~) yakni pasien yang pertama kali datang pertama kali yang dilayani.. Rata-rata waktu pelayanan di puskesmas Tanjungsari Surabaya adalah Tingkat kedatangan rata-rata pasien di loket Puskesmas Tanjungsari (λ) adalah 7 pasien perjam, dengan tingkat pelayanan rata-rata (µ) 20 pasien perjam. Selanjutnya tingkat kedatangan rata-rata pasien di setiap poli Puskesmas Tanjungsari (λ) adalah 7 orang perjam dengan tingkat pelayanan rata-rata (µ) 5 orang perjam. Sedangkan tingkat kedatangan rata-rata pasien di apotek Puskesmas Tanjungsari (λ) adalah 8 orang perjam, dengan tingkat pelayanan rata-rata (µ) 10 pasien perjam, dengan tingkat kegunaan fasilitas pelayanan loket KIA/KB (ρ) sebesar 0,43 atau ρ < 1, tingkat kegunaan fasilitas pelayanan (ρ) di setiap poli adalah 2,18 atau ρ > 1, dan tingkat kegunaan fasilitas pelayanan (ρ) di apotik adalah 0,93 atau ρ < 1. Analisis pola waktu pelayanan pasien di puskesmas Tanjungsari belum bisa dikatakan sempurna. Waktu tunggu yang telah dihitung hendaknya harus di uju coba lagi dan kriteria lama tidaknya waktu tunggu perlu diperjelas lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.283/09 Sis a
Uncontrolled Keywords: PATIENTS SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ANGGRAHENI SISWITASARI, 100730363UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Nyoman Anita Damayanti,, drg.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 05 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item