PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN BERDASARKAN NEED DAN DEMAND IBU BERSALIN DI RUANG VK RSI SURABAYA JEMURSARI

MUHAMMAD SOLEH, 100730349 (2009) PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN BERDASARKAN NEED DAN DEMAND IBU BERSALIN DI RUANG VK RSI SURABAYA JEMURSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-solehmuham-13101-abstrak-9.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-solehmuham-11776-fkm297-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan ibu hamil merupakan dasar stimulus langsung untuk dapat menggunakan pelayanan kesehatan. Kebutuhan yang tidak terealisasikan dalam permintaan akan menyebabkan ketidakpuasan bagi pasien, sehingga dapat mengakibatkan rendahnya jumlah kunjungan ibu bersalin. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan pemanfaatan pelayanan persalinan berdasarkan kebutuhan dan permintaan ibu bersalin di ruang VK RSI Surabaya Jemursari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bersifat observasional dan menurut jenisnya ini merupakan penelitian prospective study dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2009, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Wawancara dengan kuesioner dilakukan pada 68 responden yang kontrol kehamilannya di poli BKIA dan poli spesialis obgyn RSI Surabaya Jemursari kemudian diikuti hingga bersalin. Subjek ditarik dari populasi dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden berusia antara 20-35 tahun, pendidikan tamat diploma dan sarjana, tingkat pendapatan rata-rata Rp 1000.000-Rp 1.500.000, dan mendapatkan referensi dari suami dan orang tua. Kebutuhan yang paling dirasakan bagi responden adalah rumah sakit lain dengan bidan penolongnya, Jenis pelayanan dengan paket persalinan normal, adanya fasilitas penunggu dan tarif pelayanan persalinan sebesar < Rp 1.000.000. Permintaan responden yang mendapat prioritas adalah tempat bersalin di RSI Surabaya Jemursari, jenis pelayanan yang ada tanpa paket persalinan, penolong persalinan dokter spesalis obgyn, tersedianya fasilitas penunggu, dan tarif persalinan adalah > Rp 3.000.000. Sedangkan faktor penyebab permintaan pelayanan persalinan adalah paket hemat persalinan dan USG 4 dimensi. Peningkatan pemanfaatan pelayanan persalinan di ruang bersalin antara lain; 1). Memberikan reward kepada dokter spesialis obgyn dan bidan yang telah memiliki rujukan terbanyak; 2) Tersedianya alat transportasi umum seperti Lyn; 3) Mengubah image di masyarakat dengan sering berpartisipasi pada program KIA; 4) Peningkatan kerjasama dengan mengubah strategi produk jasa dengan memberikan kemudahan pada pelayanan persalinan; 5) Memperbaiki dan meningkatkan sistem pelayanan persalinan yang ada dan tetap mengutamakan biaya yang dapat di jangkau oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 297 / 09 Sol p
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HELATH
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD SOLEH, 100730349UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Thinni Nurul Rochmah, Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 08 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 04:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item