PERSEPSI, PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN (7P) KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL LP4OT PUSLITBANG SISTEM DAN KEBIJAKAN KESEHATAN SURABAYA

TUMAJI, 100730323 (2009) PERSEPSI, PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN (7P) KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL LP4OT PUSLITBANG SISTEM DAN KEBIJAKAN KESEHATAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-tumaji-13116-abstrak-9.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-tumaji-11779-fkm299-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam tiga tahun terakhir (2006-2008), jumlah kunjungan pasien di Klinik Pengobatan Tradisional LP4OT Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan Surabaya mengalami penurunan yaitu sebesar 24,25%. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis persepsi, penilaian dan harapan pasien terhadap bauran pemasaran (7P) Klinik Pengobatan Tradisional LP4OT Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan Surabaya. Berdasar tujuan dan masalah, penelitian ini merupakan riset pemasaran, yang bersifat deskriptif. Wawancara dilaksanakan pada seluruh pasien aktual selama bulan Mei 2009 yaitu 14 pasien aktual dan 14 pasien potensial serta 2 orang staf klinik. Analisis dilakukan secara semi kualitatif dengan meng-gambarkan secara jelas persepsi, penilaian dan harapan pasien serta kondisi internal bauran pemasaran (7P) Klinik Pengobatan Tradisional LP4OT Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan Surabaya. Hasil penelitian persespi, penilaian dan harapan terhadap bauran pemasaran (7P) Klinik Pengobatan Tradisional LP4OT Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan Surabaya, menunjukkan bahwa pada product, responden mempersepsikan dan menilai kurang lengkap dan mengharapkan produk yang bermutu dan berkualitas. Price, menganggap murah, sesuai dengan pelayanannya, dan mengharapkan tarif tetap seperti sekarang. Place, mudah dijangkau, transportasi umum mudah, dekat dari rumah sehingga mengharapkan lokasi tetap seperti sekarang. Promosi, menganggap kurang sehingga responden mengharapkan lebih meningkatkan lagi promosinya dimedia massa. Physical Evidence, tempat parkir luas, lingkungan nyaman, ruang tunggu bersih dan nyaman, ruang pelayanan bersih dan rapi, namun demikian tetap mengharapkan adanya perbaikan atau renovasi gedung. Process, segera ditangani dan tidak berbelit, namun tetap mengharapkan proses pelayanan yang lebih baik lagi. People, dokter sebagai pengobat tradisional cukup empati, tanggap, informatif, ramah, rapi, cukup baik dalam memberikan petunjuk perawatan dan secara umum dokter pelayanan dokter sebagai pengobat tradisional cukup baik. Namun demikian tetap mengharapkan dokter sebagai pengobat tradisional yang lebih kompeten, baik, ramah, cepat dan tanggap. Saran, agar jumlah produk dilengkapi dan ditingkatkan kualitasnya. Tarif tetap seperti sekarang, bila perlu membuka agen diluar kota, promosi di media massa, proses pelayanan ditingkatkan lagi, dokter sebagai pengobat tradisional lebih baik lagi dalam pelayanannya kepada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 299/ 09 Tum p
Uncontrolled Keywords: MARKET SHARE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
TUMAJI, 100730323UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item