PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KUANTITAS PENGUNGKAPAN INFORMASI SOSIAL PADA LAPORAN TAHUNAN (Studi Empiris Pada perusahaan high profile yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia)

YUNITA FITRI I.C.W., 040510371 (2010) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KUANTITAS PENGUNGKAPAN INFORMASI SOSIAL PADA LAPORAN TAHUNAN (Studi Empiris Pada perusahaan high profile yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
- gdlhub-gdl-s1-2010-yunitafitr-10756-a7609.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-yunitafitr-10756-a7609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut akuntansi konvensional (mainstream accounting) laba digunakan sebagai ukuran kinerja perusahaan, perusahaan dengan kinerja yang baik adalah perusahaan yang mampu memperoleh laba maksimal untuk kesejahteraan stockholders dan bondholder. Dengan keterlibatan perusahaan kepada pemilik modal mengakibatkan perusahaan mengeksploitasi sumber-sumber alam dan masyarakat (sosial) secara terkendali sehingga mengganggu kehidupan manusia dan alam. Jadi sebenarnya perusahaan memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan tidak sekedar mencari keuntungan untuk para pemegang saham. Pengungkapan informasi sosial pada laporan tahunan adalah cara mengkomunikasikan aktivitas sosialnya sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang adanya hubungan antara karakteristik perusahaan berupa Profitabilitas (PROF), Ukuran perusahaan (SIZE), Porsi kepemilikan saham publik (PUB), leverage (LEV) dan Umur perusahaan (AGE) terhadap Kuantitas Pengungkapan Informasi Sosial pada laporan tahunan perusahaan high profile yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data skunder dari Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 29 perusahaan selam periode 2004-2007. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan diolah dengan menggunakan SPSS 15. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa variabel independen yang berupa Size (SIZE) dan Umur perusahaan (AGE) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kuantitas pengungkapan sosial. Sedangkan Profitabilitas (PROF), Porsi kepemilikan publik (PUB) dan Leverage (LEV) secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kuantitas Pengungkapan Informai Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 76 / 09 Yun p
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL STATEMENTS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YUNITA FITRI I.C.W., 040510371UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAH, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 01 Jun 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item