ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN BOR KURANG OPTIMAL BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN MATRIK POSISI : Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Bajawa Kabupaten Ngada Propinsi Nusa Tenggara Timur

MARIA CAROLINA MOGI, 100431377 (2006) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN BOR KURANG OPTIMAL BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN MATRIK POSISI : Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Bajawa Kabupaten Ngada Propinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-mogimariac-2492-fkm63_0-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24286.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bisnis rumah sakit mempunyai dua sisi yang berbeda, pertama sebagai provider kesehatan dan yang kedua sebagai profit center. Selama tiga tahun terakhir BOR RSUD Bajawa, Kab. Ngada, Flores tidak pernah mencapai standar (60-85%) hal ini menunjukan penggunaan failitas rawat inap kurang optimal. Masalah ini hams dipecahkan. Citra yang buruk selama ini mungkin disebabkan karena kualitas atau mutu pelayanan rumah sakit yang kurang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian maka perlu dikaji dan diteliti bagaimana kualitas atau mutu pelayanan kesehatan rumah sakit berdasarkan penilaian dan harapan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pencapaian BOR di RSUD Bajawa kurang optimal dari kajian aspek mutu pelayanan menurut penilaian dan harapan pasien, berdasarkan lima dimensi mutu, fasilitas, tarif dan pelayanan administrasi. Penelitian ini menggunakan metodologi descriptive observasional dengan rancang bangun cross sectional tekhnik pengumpulan data menggunakan quesioner. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 14 Juni sampai 14 Juli 2006. Hasil penelitian menurut penilaian dan harapan pasien terhadap aspek dimensi mutu pelayanan kesehatan RSUD Bajawa dinyatakan bahwa terdapat masalah terhadap aspek dimensi mutu baik dari segi input ( sarana fisik, peralatan medis, tariff maupun dari segi proses (Reliability, Emphaty, Assurance, Responsiveness, Tangible), yang merupakan faktor dominan turunnya kunjungan pasien ke Rumah Sakit. Untuk meningkatkan pencapaian BOR maka upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa perlu dilakukan, dengan cara meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dari segi tenaga kesehatan, fasilitas medis dan non medis, tarif pelayanan dan pelayanan administrasi rumah sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 63/06 Mog a
Uncontrolled Keywords: MEDICAL CARE; PATIENT SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA410-410.9 Medical economics. Economics of medical care. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MARIA CAROLINA MOGI, 100431377UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. Supriyanto, prof.,Dr.,dr.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item