UPAYA PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT. TELKOM DIVRE V SURABAYA

AGUS PUTRA MURDANI, 100311280 (2007) UPAYA PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT. TELKOM DIVRE V SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-murdaniagu-8410-fkm161_-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebakaran dapat mengakibatkan berbagai macam kerugian dan penderitaan seperti musnahnya harta benda, terhambatnya proses produksi, hilangnya lapangan pekerjaan, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat merenggut jiwa raga manusia. Meskipun belum pernah ada kejadian kebakaran di perusahaan Telkom, di PT Telkom DIVRE V terdapat beberapa potensi yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, antara lain . kabel listrik, instalasi listrik, jaringan telpon, perangkat elektronik, dan bahan-bahan vang mudah terbakar (kertas, kardus, dan lain-lain). Tujuan penelitian adalah menggambarkan upaya penanggulangan bahaya kebakaran dan mengetahui tingkat pengetahuan karyawan dalam upaya penanggulangan bahaya kebakaran di PT. TELKOM DIVRE V Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan rancanQ bangun cross sectional Data didapatkan dari observasi, wawancara dengan karyawan dan semua pimpinan yang bertanggung jawab terhadap upava penanggulangan kebakaran. Jumlah populasi adalah 216 orang. Jumlah sampel yang merupakan jumlah kuesioner yang dikembalikan yaitu 72 orang. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PT. TELKOM DIVRE V Surabaya sudah ada kebijaksanaan dibidang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran secara konsepsional, fasilitas pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran yang terdiri dari APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hidrant, alarm, detektor asap dan detektor panas, sprinkler telah disediakan, serta pelatihan terhadap seluruh karyawan sudah diberikan. Namun dari 72 kuesioner yang dikembalikan, masih ada. karyawan dengan tingkat pengetahuan kurang yang berjumlah 6 orang (8,3 %). Disarankan agar APAR dipasang pada dinding, tidak terhalang benda apapun, mudah dilihat, mudah dijangkau dan diberi tanda petunjuk penempatan APAR. Dilakukan pengujian terhadap hydrant indor dan sprinkler untuk mengetahui apakah masih berfungsi dan bisa digunakan. Diadakan simulasi tedadinya kebakaran yang melibatkan seluruh karyawan pada hari kerja. Dilakukan peningka±an latihan peranggrnlanaan kebakaran, terutama yang bertanggung jawab dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 161/07 Mur u
Uncontrolled Keywords: Fasilitas pencegahan dan penanggulangan kebakaran, tingkat pengetahuan karyawan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
AGUS PUTRA MURDANI, 100311280UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Dr.,dr.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 04 Dec 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item