UPAYA PENGENDALIAN BAHAYA BAHAN KIMIA DI LABORATORIUM PDAM KOTA SURABAYA

DESTRIANTI MANDASARI, 100311111 (2007) UPAYA PENGENDALIAN BAHAYA BAHAN KIMIA DI LABORATORIUM PDAM KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-mandasarid-8422-fkm194_-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24318.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahaya bahan kimia bila tidak dikendalikan dengan baik akan mempengaruhi kesehatan tenaga kerja terutama pada saluran pernapasan, iritasi kulit dan iritasi mata. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengendalian bahaya bahan kimia di Laboratorium Ngagel PDAM Kota Surabaya, dengan tujuan khusus untuk mengidentifikasi karakteristik tenaga kerja, keluhan kesehatan, menggambarkan pengendalian baik secara teknik, administratif dan Alat Pelindung Diri, mengidentifikasi hubungan keluhan kesehatan dengan karakteristik tenaga kerja dan mengidentifikasi hubungan keluhan kesehatan dengan pemakaian APD. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan disain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja laboratonum dengan jumlah 10 tenaga kerja. Variabel penelitian ini adalah karakteristik tenaga kerja, keluhan kesehatan tenaga kerja dan pengendalian bahaya bahan kimia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50% tenaga kerja mengalami keluhan kesehatan pada saluran pernafasan, 60% tenaga keda tidak mengalami keluhan kesehatan pada kulit. Pengendalian secara teknik masih kurang baik yaitu blower lemari asam yang tidak berfungsi, ventilasi dilusi baik, secara administratif masih kurang baik yaitu ketatarumahtanggan dan higiene sanitasi kurang baik, pemeriksaan kesehatan belum dilakukan, MSDSs yang belum sesuai dengan Kepmenaker No. Kep 187/Men/1999, labelling tidak optimal. Jenis dan jumlah alat pelindung diri masih kurang, tidak ada hubungan antara keluhan kesehatan dengan karakteristik tenaga k0a dan tidak ada hubungan antara keluhan kesehatan dengan pemakaian APD. Kesimpulan menunjukkan bahwa pengendalian bahaya bahan kimia di Laboratorium Ngagel PDAM Kota Surabaya belum memenuhi standar yang ada. Dengan demikian disarankan Laboratorium Ngagel perlu penggantian blower lemari asam, perlu adanya ruang khusus untuk staff, pengadaan pemeriksaan kesehatan, pembuatan MSDSs sesuai dengan bahan kimia yang digunakan, penambahan tanda bahaya pada tempat bahan kimia, dan penambahan goggles dan chemical respirator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 194/07 Man u
Uncontrolled Keywords: Pengendalian bahaya
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625-655 Radiation chemistry
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
DESTRIANTI MANDASARI, 100311111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rohim Tualeka, Drs.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 04 Dec 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 20:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24318
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item