KAJIAN SISTEM MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT PADA INSTALASI FARMASI : Di Rumah Sakit Petrokimia Gresik

NUR KHASANAH, 100311100 (2007) KAJIAN SISTEM MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT PADA INSTALASI FARMASI : Di Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-khasanahnu-8511-fkm169_-k.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persediaan obat di Rumah Sakit merupakan bagian yang sangat pedu diperhatikan. Karena 40% modal yang ada di Rumah Sakit digunakan dalam pengadaan dan biaya penyimpanan persediaan. a Rumah Sakit Petrokimia Gresik terdapat 20 item obat yang mengalami kondisi stagnasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mempelajari pelaksanaan sistem pengelolaan obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Petrokimia Gresik Berdasarkan waktunya, penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Sasaran penelitian adalah sistem manajemen pengelolaan obat di Instalasi Farmasi. Variabel yang diteliti yaitu perencanaan, pengadaan,, penerimaan, penyimparan, pemeliharaan, distribusi, pencatatan dan pelaporan tentang obat. Data diambil melalui wawancara dan observasi. IN "Instalasi Farmasi Rumah Sakit Petrokimia Gresik, perencanaan kebutuhan obat menggunakan metode konsumsi. Pengadaan obat menggunakan kombinasi metode konsumsi dan morbiditas. Penenmaan obat dengan melakukan pemeriksaan. Penyimpanan obat sesuai pengaturan tata ruang gudang penyrmpanan. Pemeliharaannya dengan pencatatan rutin pada kartu stole, buku stok manual dan stok manual (komputer). Distdbusi obat menggunakan metode FIFO. Pencatatan sadah dilakukan, pelaporan yang dilakukan bersifat insidentil. Pengantar obat dan distributor harus menandatangani form. Gudang Farmasi ditambah denah pengatur ruang penyimpanan barang dan slat pengukur kelembaban udara. Hindari kelebihan stole Ada perencanaan sebelum distribusi obat ke Unit lain. Ada pengawas pemakaian obat di Unit lain. Ada pencatatan dan pelaporan setiap proses manajemen pengelolaan obat dan diperiksa oleh supervisor secara rutin tiap periode waktu. Ada evaluasi terhadap setiap proses manajemen pengelolaan obat dan alas kesehatan setup periode waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 169/07 Kha k
Uncontrolled Keywords: Manajemen Logistik Obat dan Alm Kesehatan Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR KHASANAH, 100311100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. Pudjirahardjo, dr.,MS.,M.PH.,Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 05 Dec 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item