STUDI TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR

HAMJAH USENG TELA, 100531885 (2007) STUDI TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-telahamjah-8915-fkm164_-7.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24370.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSUD Larantuka merupakan salah satu sumber penghasil sampah medis di Kabupaten Flores Timur. Sampah medis rumah sakit perlu mendapat perianganan secara baik dan benar karena berpotensi menularkan penyakit infeksi. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari system pengelolaan sampah medis di RSUD Larantuka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode observasional deskriptif. Sasaran penelitian adalah jumlah sampah medis, sarana penyimpanan dan pengumpulan, frekwensi pengangkutan dan cara pemusnahan. Hasil penelitian proses pengelolan sampah medis di RSUD Larantuka meliputi penampungan dan penampungan dilakukan dengan menyediakan wadah pada setiap sumber yang terdiri dari tong sampah plastik dan keranjang plastik, pengangkutan dari tempat pengumpulan sementara dilakukan setiap hari oleh petugas sampah tidak menggunakan gerobak, pemusnahan sampah dilakukan dengan cars membakar sacara alami sehingga menimbulkan pencemaran asap di lingkungan RS dan sekitarnya. Kesimpulan yang di ambit adalah proses pengelolaan sampah medis di RSUD Larantuka masih jauh dari standart Depkes RI. Berdasarkan kesimpulan disarankan kepada unit pengelolah sampah di RSUD Larantuka agar perlu menyediakan sarana penampungan dan pengumpulan yang memenuhi syarat kesehatan, menyediakan alat pengangkut sampah dan pemusnahan sampah menggunakan insinerator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 164/07 Tel s
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, RSUD Larantuka, Sampah Medis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD896-899 Industrial and factory wastes
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
HAMJAH USENG TELA, 100531885UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedjajadi Keman, Prof.,H.,dr.,MS.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 05 Feb 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24370
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item