HUBUNGAN LATIHAN FISIK DAN PERILAKU SEHAT LAINNYA PADA MAHASISWA

KARINA YUDI AGUSTINA, 100411473 (2008) HUBUNGAN LATIHAN FISIK DAN PERILAKU SEHAT LAINNYA PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-agustinaka-8934-fkm22_0-h.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24377.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latihan fisik merupakan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran, yang pada akhimya akan meningkatkan produktifitas keda dan kualitas sumber daya manusia. Latihan yang baik dan benar akan memberikan dampak yang maksimal terhadap kesehatan tubuh. Sehingga bagi individu yang melakukan latihan fisik secara baik dan benar akan cenderung melakukan perilaku sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara latihan fisik dan perilaku sehat pada orang dewasa. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang menggunakan rancang bangun penelitian cross sectional. Unit sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang dipilih secara acak pada 84 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan instrumen kuesioner mengenai latihan fisik dan perilaku sehat. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan Uji Chi Square dengan derajat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara latihan fisik dan kebiasaan merokok (p=0,971), lama tidur yang cukup (p=0,620) serta pengendalian stress (p=0,703). Mahasiswa yang latihan fisiknya baik lebih banyak yang menyalahgunakan narkoba daripada mahasiswa yang melakukan latihan fisik cukup dan kurang. Namun mahasiswa yang latihan fisiknya baik lebih sedikit yang mengkonsumsi minuman keras dan mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya faktor sosial serta gaya hidup mahasiswa modern, sehingga masih ada beberapa mahasiswa yang kurang memperhatikan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari meskipun mereka melakukan latihan fisik dengan baik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah masih ada mahasiswa yang tidak berperilaku hidup sehat meskipun mereka melakukan latihan fisik dengan baik. Oleh karena itu perlu perlu diadakannya sosialisasi tentang perlunya perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 22/08 Agu h
Uncontrolled Keywords: Latihan fisik, perilaku sehat dan mahasiswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
KARINA YUDI AGUSTINA, 100411473UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Indawati, S.KM.,M.KMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 06 Feb 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item