RANCANG BANGUN SINGLE CHANNEL ANALYZER SEBAGAI SPEKTROMETER ENERGI RADIASI

TAUVIK ANDI PRASETIO, 080112379 (2007) RANCANG BANGUN SINGLE CHANNEL ANALYZER SEBAGAI SPEKTROMETER ENERGI RADIASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-prasetiota-9630-mpf070-k.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-prasetiota-9378-mpf07-08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk dapat menganalisis distribusi intensitas radiasi suatu partikel digunakan single channel analyzer (SCA). Pada SCA yang telah ada di laboratorium besar tegangan kanal bawah belum dapat diukur secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat SCA yang besar tegangan kanal bawah dapat diukur secara langsung. SCA yang dibuat dalam penelitian ini (Rakitan) dapat digunakan untuk mengukur spektrum energi secara differensial, yaitu hanya partikel-partikel yang berada dalam interval antara lower level dan upper level yang akan diloloskan. Rancang bangun SCA yang dibuat dalam penelitian ini menggunakan kontrol lower level dan upper level secara manual dengan variasi tegangan (kanal). Pengontrolan dilakukan dengan menggunakan IC komparator MAX 907 CPA. Untuk mengetahui kinerja SCA Rakitan dilakukan uji linieritas, bentuk spektrum yang dihasilkan dan energi yang terukur. Uji linieritas dilakukan dengan pengujian cacahan keluaran sistem SCA Rakitan terhadap input frekuensi dari Function Generator dengan variasi tegangan dari 2400 mV sampai 4 V. Uji bentuk spektrum dilakukan dengan membandingkan resolusi energi dan energi yang terukur dari SCA Rakitan terhadap resolusi energi dan energi yang terukur dari SCA yang ada di laboratorium (Leybold). Hasil uji linieritas menunjukkan sistem single channel analyzer sudah cukup linier, dengan penyimpangan rata-rata frekuensi input terhadap cacahan keluaran diperoleh 0,00294 %. Bentuk pulsa keluaran, bentuk spektrum, resolusi energi dan energi yang terukur oleh SCA Rakitan hampir sama dengan bentuk pulsa keluaran, bentuk spektrum, resolusi energi dan energi terukur yang dihasilkan oleh SCA Leybold.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 07/08 Pra r
Uncontrolled Keywords: SPECTROMETER; ELECTRONIC DATA PROCESSING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9680-9714 Mechanical industries Including electric utilities, electronic industries, and machinery
Q Science > QD Chemistry > QD625-655 Radiation chemistry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
TAUVIK ANDI PRASETIO, 080112379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Ain, S.T., Msi.UNSPECIFIED
Thesis advisorNuril Ukhrowiyah, , Ssi.,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 02 Apr 2009 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item