Keanekaragaman Makrofauna Tanah pada tegakan Acacia nilotica dan kondisi lingkungannya di Taman Nasional Baluran, Situbondo

Nanang Priyanto, 080610356 (2011) Keanekaragaman Makrofauna Tanah pada tegakan Acacia nilotica dan kondisi lingkungannya di Taman Nasional Baluran, Situbondo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24502.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman dan kesamaan komunitas makrofauna tanah dekomposer serta kondisi lingkungan tanah pada lantai tegakan A. nilotica dengan diameter batang yang berbeda. Sampling dilakukan di empat stasiun penelitian dengan rata-rata diameter batang yang berbeda. Pada masing-masing stasiun, sampel makrofauna tanah dekomposer diambil pada luasan tanah 25×25 cm2 dengan kedalaman 10 cm, sebanyak tujuh kali pada luasan plot 10×10 m2. Ekstraksi spesimen makrofauna tanah dilakukan dengan metode hand sorting. Setiap stasiun dilakukan pengukuran faktor lingkungan seperti pH tanah, suhu udara, suhu tanah, kelembapan udara, dan kelembapan tanah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan indeks keanekaragaman Shanon Wiener, indeks kesamaan Sorensen, serta indeks dominansi Simpson. Hasil analisis menunjukkan tingkat kenaekaragaman berkisar antara 1,30—2,03 yang tergolong pada tingkat rendah hingga sedang. Kesamaan habitat berkisar antara 90,56—97,66% yang menunjukkan setiap stasiun mempunyai kondisi habitat yang sama karena mempunyai nilai rata-rata lebih dari 90%. Kesamaan komunitas makrofauna tanah berkisar antara 18,18%—53,85% dengan kesamaan keseluruhan sebesar 24,54%. Tingkat keanekaragaman makrofauna tanah dekomposer pada tegakan A. nilotica dengan diameter kecil lebih tinggi dibandingkan pada tegakan diameter besar. Kerapatan makrofauna tanah dekomposer pada tegakan A. nilotica dengan diameter batang berbeda tergolong heterogen. Makrofauna tanah dekomposer pada tegakan A. nilotica didominasi oleh Ordo X dari kelas Insekta. Kondisi substrat tanah di stasiun yang berdiameter besar cenderung tampak gersang, lapisan tanah tipis, dan banyak batu-batuan yang muncul kepermukaan tanah dibanding dengan stasiun dengan diameter kecil. Kata kunci: Keanekaragaman, makrofauna tanah, Acacia nilotica, Taman Nasional Baluran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.17/11 Pri k
Uncontrolled Keywords: ACACIA NILOTICA
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Nanang Priyanto, 080610356UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Trisnadi Widyaleksono C. P.,, M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Moch. Affandi,, M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Aug 2011 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item