MAM PRAWIRA ADIANSYAH, 080810693
(2013)
Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengawasan Pendidikan TK dan SD di KFP Dinas Pendidikan Kota Surabaaya dengan Metode Berorientasi Objek.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pengawas pendidikan TK dan SD memiliki tugas pokok untuk melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi akademik dan supervisi manajerial, berupa pemantauan, penilaian, dan pembinaan. Pengawas mengalami banyak kendala seperti belum maksimal nya media yang mendukung komunikasi dengan pihak terkait, pencarian data yang yang lama dan penyimpanan data yang berbasis kertas yang mudah hilang dan rusak. Pada Penelitian ini dirancang sebuah sistem informasi menajemen pengawasan
pendidikan dengan menggunakan metode berorientasi objek yang bertujuan menghasilkan rancangan sistem yang dapat membuat pengelolaan data yang manual menjadi terkomputerisasi. Ada empat tahap dalam penelitian. Tahap pertama, pengumpulan data untuk mendapatkan gambaran proses kerja pada sistem sebelumnya. Tahap kedua, proses analisis permasalahan yang terjadi pada sistem sebelumnya didapatkan user requirement untuk sistem informasi pengawasan pendidikan yang akan dibuat. Tahap ketiga, pemodelan hasil dari analisis permasalahan pada tahap kedua, ke dalam bentuk diagram-diagram Unified Modeling Language, sehingga rancangan sistem lebih mudah dipahami, baik bagi pengembang sistem maupun pengguna sistem. Pada tahap terakhir, proses evaluasi rancangan dengan mengkomunikasikan hasil rancangan dengan pihak terkait untuk menguji kesesuaian hasil rancangan dengan harapan dan kebutuhan pengguna.
Perancangan sistem informasi manajemen pengawasan pendidikan ini menghasilkan blue print perancangan sistem terkomputerisasi dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Dengan adanya blue print
perancangan sistem ini, dapat digunakan pengguna sebagai referensi dan gambaran untuk melakukan pengembangan maupun pengimplementasian sistem untuk kedepannya
Actions (login required)
|
View Item |