PEMETAAN INDUSTRI POTENSI PENCEMAR BADAN AIR DI SEPANJANG KALI SURABAYA BERBASIS SIG

DIMAS RAHARDIAN PRAKOSO, 080810752 (2013) PEMETAAN INDUSTRI POTENSI PENCEMAR BADAN AIR DI SEPANJANG KALI SURABAYA BERBASIS SIG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prakosodim-28960-7.ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-prakosodim-28960-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari pemetaan industri peserta PROPER di sepanjang Kali Surabaya adalah untuk mengetahui apakah pemetaan industri berbasis SIG dapat memudahkan pemantauan pencemaran Kali Surabaya. Metode dari pembuatan peta ini terdiri dari pelengkapan data berupa nama-nama industri, karakteristik limbah cair, baku mutu air limbah dan peta provinsi Jawa Timur; pengolahan data berupa pembuatan tabel dari data yang didapat; kemudian pembuatan peta dengan menggunakan software ArcGIS v.9. Parameter yang digunakan untuk menilai tingkat pencemaran adalah BOD, COD, TSS, dan pH. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat sembilan industri peserta PROPER dari total 44 industri di sepanjang Kali Surabaya. Industri di sepanjang Kali Surabaya terdiri dari industri sabun, sepatu, minyak goreng, minuman kemasan, stainless steel, tekstil, tahu, baja, plastik, sling, keramik, kertas, korek api, genteng, arang, es batu, percetakan, bumbu masak, produksi beton, produksi karbit, pembangkit listrik, dan pengolahan batu alam. Berdasarkan peserta PROPER 2010-2011, industri yang telah mencemari Kali Surabaya adalah PT. Surabaya Meka Box karena parameter TSSnya melebihi baku mutu. Pemantauan pencemaran Kali Surabaya berbasis SIG dapat digunakan untuk memudahkan upaya mengendalikan pencemaran Kali Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL.05/13 Pra p
Uncontrolled Keywords: PROPER
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194-195 Environmental effects of industries and plants
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
DIMAS RAHARDIAN PRAKOSO, 080810752UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThin Soedarti, Dra. CESAUNSPECIFIED
Thesis advisorAgoes Soegianto, Prof. Dr. Ir.DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 02:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item