EKSPLORASI DAN VISUALISASI MORFOLOGIS KERANG AIR TAWAR (BIVALVIA: CORBICULIDAE) DI SUNGAI BRANTAS JAWA TIMUR

NURHADI BUDHIARTO, 080710370 (2011) EKSPLORASI DAN VISUALISASI MORFOLOGIS KERANG AIR TAWAR (BIVALVIA: CORBICULIDAE) DI SUNGAI BRANTAS JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-budhiarton-17568-mpb461-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai eksplorasi dan visualisasi morfologis kerang air tawar (Bivalvia: Corbiculidae) di sungai Brantas Jawa Timur telah dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui spesies kerang air tawar famili Corbiculidae yang terdapat di sungai Brantas, karakteristik dari tiap spesies tersebut, dan ada tidaknya pola intensitas kehadiran serta perbedaan karakter pertumbuhan cangkang antara spesies kerang air tawar di sungai Brantas. Lima belas stasiun pengambilan sampel dipilih, setiap stasiun dibagi menjadi tiga plot dan pada tiap plot dilakukan pengambilan sampel dasar perairan menggunakan Ponar dredge. Kerang yang didapatkan dikoleksi, dibersihkan, didentifikasi, dan dikarakterisasi. Dari 15 stasiun pengambilan sampel didapatkan 56 individu kerang air tawar dan 12 diantaranya adalah kerang Corbiculidae, dan melalui identifikasi dan karakterisasi lebih lanjut diketahui bahwa kerang tersebut adalah Corbicula lacunae. Kerang C. lacunae berukuran kecil dengan dimensi relatif: panjang 5,3-12,7 mm; tinggi 4,1-11,5 mm; dan diameter 2,5-6,7 mm, bentuk cangkang oval-oval memanjang, cangkang bagian luar berwarna hijau keunguan-coklat kehijauan, terdapat pola warna putih pada umbo dengan warna violet diantara kedua warna putih tersebut. Terdapat perbedaan pola kehadiran spesies pada tiap stasiun pengambilan sampel dan tidak terdapat perbedaan karakter pertumbuhan cangkang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 46 11 Bud e
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC401-506 River, lake, and water-supply engineering (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NURHADI BUDHIARTO, 080710370UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Affandi,, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Nov 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item