RISKA ADI BHASKARA, 040510615 (2012) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PERAWAT DI RSUD DR. SOETOMO BAGIAN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-bhaskarari-18109-b17911.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu industri yang bertumbuh dengan cepat dalam sektor jasa adalah industri kesehatan. Industri kesehatan telah menstruktur ulang sistem pelayanan jasanya dalam rangka untuk bertahan dalam lingkungan yang sulit yang diakibatkan oleh semakin tuanya industri tersebut, anggaran pemerintah untuk kesehatan yang semakin berkurang, dan kompetitor yang bertambah. Di Indonesia, kesehatan merupakan salah satu masalah krusial yang sering terjadi setiap tahunnya. Tingginya biaya pengobatan dan pelayanan rumah sakit yang kurang baik merupakan beberapa contoh masalah – masalah yang sering terjadi. Salah satu usaha yang dapat ditempuh oleh rumah sakit untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya adalah dengan penerapaan TQM (Total Quality Management ). Menurut Zairi (1994), TQM pada dasarnya adalah keseluruhan susunan teknik, prinsip-prinsip manajemen, teknologi dan metodologi yang bersama-sama untuk bekerja untuk kepentingan pelanggan akhir. Zairi (1994) juga menyebutkan bahwa ketika suatu organisasi berusaha untuk merubah budaya bisnis mereka, maka mereka akan semakin sadar bahwa TQM adalah sebuah proses yang membutuhkan pengorbanan. Dengan diterapkannya filosofi TQM yang benar pada suatu perusahaan, diharapkan hal tersebut mengeluarkan yang terbaik dari karyawan sehingga membuat para karyawan puas dengan pekerjaannya, yang pada akhirnya berujung pada performa kinerja yang membaik (Arumugam, 2006). Menurut Juran (1998), TQM telah menjadi kekuatan strategi yang global, karena dapat menghasilkan keuntungan – keuntngan antara lain : bertambahnya kepuasan konsumen, motivasi dan fokus karyawan yang lebih baik, dan menambah performa secara keseluruhan. Oleh karena itu, TQM berkembang menjadi sebuah solusi potensial untuk menambah efisiensi dan efektifitas dalam industri kesehatan dan menjadi sangat penting bagi kesuksesan operasional sebuah rumah sakit. Banyaknya pasien yang perlu dilayani hingga melimpah jumlahnya dimana semuanya membutuhkan kesabaran dan pelayanan yang tetap prima dalam kondisi apapun. TQM ini bertujuan agar seluruh elemen rumah sakit berorientasi pada kualitas pelayanan hingga pada tingkat operasional sekalipun, pihak rumah sakit dapat melayani pasien dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan TQM berupa customer focus, training and education, employee involvement, teamwork, dan continous improvement terhadap kepuasan kerja perawat pada rumah sakit umum dr. Soetomo bagian obgyn. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan perawat pada rumah sakit umum dr. Soetomo bagian obgyn yang berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Sedangkan alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 11.5. Setelah dilakukan pengujian atas hipotesis yang diajukan, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = -1,106 + 0,211X 1 + 0,227X 2 + 0,232X 3 + 0,251X 4 + 0,322X 5 Kesimpulan yang didapat adalah bahwa aspek dari Total Quality Management yang berupa customer focus , training and education , employee involvement , teamwork , dan continuous improvement secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat karena nilai probabilitas kesalahan (Sig) F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai tingkat signifkansi sebesar 5% (0,05), dan aspek dari TQM yang berupa customer focus , training and education , employee involvement , teamwork , dan continuous improvement secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat karena seluruh aspek TQM memiliki nilai signifikan t yang lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 5 % Kata Kunci : Total Quality Management (TQM), Kepuasan Kerja
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 179 / 11 Bha a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TOTAL QUALITY MANAGEMENT; JOB SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Mudjiono Mudj | ||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 03:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2486 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |