PENGARUH EKSTRAK TERIPANG Paracaudina australis TERHADAP DIAMETER PULAU LANGERHANS DAN BERAT BADAN MENCIT (Mus musculus) DIABETIK

MAYANG MANIKWARA, 080914109 (2013) PENGARUH EKSTRAK TERIPANG Paracaudina australis TERHADAP DIAMETER PULAU LANGERHANS DAN BERAT BADAN MENCIT (Mus musculus) DIABETIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB 39 13 Man p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekstrak teripang P.australis terhadap diameter pulau Langerhans dan mengetahui adanya korelasi antara diameter pulau Langerhans dengan perubahan berat badan mencit diabetik. Hewan coba yang digunakan adalah 42 ekor mencit (Mus musculus) jantan strain Swiss Webster, teripang diambil dari selat Madura. Hewan coba dibagi menjadi 6 kelompok, yaitu Kn (kontrol normal), Kd (kontrol diabetik), Kg (kontrol glibenclamide), dan P (perlakuan) terdiri atas P1 (dosis ekstrak teripang 0,025 g/20 g BB mencit), P2 (dosis ekstrak teripang 0,05 g/20 g BB mencit), dan P3 (dosis ekstrak teripang 0,075 g/20 g BB mencit). Pemberian ekstrak teripang dan glibenclamide dilakukan selama 14 hari pada mencit diabetik dengan multiple low dose 40 mg/kg selama 5 hari. Penimbangan berat badan dilakukan pada awal dan akhir penelitian, kemudian diambil pankreas dan dibuat sediaan histologi dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin. Pengukuran diameter pulau Langerhans menggunakan mikroskop cahaya dengan perbesaran 40x10. Data dianalisis dengan uji Kolgomorov-smirnov, untuk mengetahui distribusi data dan uji Levene untuk mengetahui homogenitas variansi selanjutnya untuk mengetahui pengaruh perlakuan, data dianalisis menggunakan one way anova dan dilanjutkan dengan uji Duncan untuk mengetahui beda antar dua kelompok perlakuan. Hubungan diameter pulau Langerhans dengan perubahan berat badan diuji menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teripang P. australis berpengaruh pada peningkatan diameter pulau Langerhans dan berat badan, dimana kelompok P1 dengan dosis 0,025 g/20 g BB mencit mengalami peningkatan paling tinggi. Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa ekstrak teripang berpengaruh terhadap diameter pulau Langerhans dan terdapat adanya korelasi antara diameter pulau Langerhans dengan perubahan berat badan mencit diabetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 39 13 Man p
Uncontrolled Keywords: Paracaudina australis, body weight, diameter of pancreatic islets of Langerhans, diabetic mice
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
MAYANG MANIKWARA, 080914109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Winarni,, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 03 Oct 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item