PENGARUH VARIASI KONSENTRASI KONSORSIUM BAKTERI HIDROLITIK DAN LAMA WAKTU FERMENTASI TERHADAP PRODUKSI BIOGAS DENGAN SUBSTRAT KOTORAN SAPI

DIAS RIZKA DARISA, 081014111 (2014) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI KONSORSIUM BAKTERI HIDROLITIK DAN LAMA WAKTU FERMENTASI TERHADAP PRODUKSI BIOGAS DENGAN SUBSTRAT KOTORAN SAPI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-darisadias-33268-5.-abstr-k.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
37.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik, lama waktu fermentasi, dan kombinasi keduanya terhadap produksi biogas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimental menggunakan rancangan faktorial 3x4, yang terdiri dari faktor pertama berupa konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik dengan 3 taraf konsentrasi (0%, 5%, dan 10%) dan faktor kedua berupa lama waktu fermentasi dengan 4 taraf lama waktu (1, 2, 3, dan 4 minggu) menggunakan 3 kali ulangan. Perbandingan komposisi substrat kotoran sapi dengan air yang digunakan sebanyak 1:1 pada setiap perlakuan. Variabel yang diukur berupa kadar metana yang terdapat dalam biogas diukur menggunakan metode absorbsi. Data kadar metana dianalisis menggunakan uji ANAVA dua arah dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik berpengaruh terhadap kadar metana yang dihasilkan. Perlakuan konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik sebesar 10% (B3) memberikan hasil rata-rata kadar metana tertinggi sebesar 70,86%. Lama waktu fermentasi berpengaruh terhadap kadar metana. Kadar metana tertinggi terdapat pada perlakuan lama waktu fermentasi minggu ke-4 (M4) sebesar 61,36%. Kombinasi dari konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik dan lama waktu fermentasi berpengaruh terhadap kadar metana. Hasil dari perlakuan kombinasi menunjukkan kadar metana tertinggi sebesar 73,32% terdapat pada kombinasi lama waktu fermentasi minggu ke-4 dengan konsentrasi konsorsium bakteri hidrolitik sebesar 10% (M4B3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB. 03/14 Dar p
Uncontrolled Keywords: Concentration hydrolytic bacteria consortium, long fermentation time, biogas, cow dung
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
DIAS RIZKA DARISA, 081014111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Agus Supriyanto, M. Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Ir. Tini Surtiningsih, DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 19 Feb 2014 12:00
Last Modified: 17 Oct 2016 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item