DETEKSI EPILEPSI DARI HASIL ELEKTROENSEPHALOGRAM (EEG) MENGGUNAKAN HYBRID GENETIC ALGORITHM DAN NEURAL NETWORK BACKPROPAGATION

ALI MUTHOHARI, 08091200 (2014) DETEKSI EPILEPSI DARI HASIL ELEKTROENSEPHALOGRAM (EEG) MENGGUNAKAN HYBRID GENETIC ALGORITHM DAN NEURAL NETWORK BACKPROPAGATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-muthoharia-33340-7.-abstr-k.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit epilepsi di negara maju ditemukan sekitar 50 : 100.000 sementara di negara berkembang mencapai 100 : 100.000. Pendataan secara global ditemukan 3,5 juta kasus baru pertahun diantaranya 40% adalah anak-anak dan dewasa sekitar 40% serta 20% lainnya ditemukan pada usia lanjut (Jan, 2008). Epilepsi merupakan salah satu penyakit saraf kronik kejang berulang yang muncul secara tiba-tiba. Alat pendeteksi epilepsi menggunakan Elektroenshepalogram (EEG) untuk merekam sinyal dalam otak, biasanya gelombang otak yang terekam dari orang yang terdeteksi epilepsi akan berbeda dengan orang yang normal. Menganalisa secara langsung dari hasil EEG itu sulit untuk membedakan antara hasil dari Epilepsi atau tidak, sehingga dalam skripsi ini digunakan Hybrid Genetic Algorithm (GA) dan Neural Network Backpropagation (NNB). Neural Network Backpropagation adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengenali pola yang dilatihkan, akan tetapi NNB mempunyai kelemahan yaitu bekerjanya biasa terlalu lama karena terdapat alur mundur sehingga di-hybrid metode Genetic Algorithm untuk mempercepat proses pelatihan data, GA digunakan karena metode pencarian yang efektif menjelajahi ruang pencarian yang besar. Dalam implementasinya deteksi epilepsi dari hasil EEG menggunakan Hybrid GA dan NNB, menggunakan bahasa java didapatkan keberhasilan 100% mengenali data pelatihan dan keberhasilan uji validasi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 12/14 Mut d
Uncontrolled Keywords: Detection of epilepsy, Electroensepalogram, Genetic Algorithm, Neural Network Backpropagation.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
ALI MUTHOHARI, 08091200UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Herry Suprajitno, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2014 12:00
Last Modified: 18 Oct 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item