ALGORITMA IMUN GENETIKA (IMMUNE GENETIC ALGORITHM) UNTUK MENYELESAIKAN RUTE JARAK PENGIRIMAN BARANG

CINDY CRISTIAN STEFANUS SUYAJID, 080912096 (2014) ALGORITMA IMUN GENETIKA (IMMUNE GENETIC ALGORITHM) UNTUK MENYELESAIKAN RUTE JARAK PENGIRIMAN BARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-suyajidcin-33342-6.-abstr-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25038-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan jasa yang melayani masyarakat biasanya mempunyai permasalahan jarak pengiriman barang atau Traveling Salesman Problem (TSP). TSP adalah suatu permasalahan dalam menentukan rute yang optimal dari sejumlah rute perjalanan seorang salesman. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menyelesaikan Traveling Salesman Problem dengan hybrid algoritma genetika dan algoritma imun. Algoritma Genetika (GA) adalah algoritma evolusioner yang terinspirasi oleh biologi evolusioner seperti mutasi, seleksi alam dan crossover. Algoritma imun merupakan algoritma heuristik yang meniru sistem imun dalam tubuh manusia untuk mencari solusi terbaik dari suatu permasalahan. Hybrid algoritma genetika dan algoritma imun adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara seri yaitu proses algoritma genetika lalu dilanjutkan ke proses algoritma imun. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan solusi awal, menghitung evaluasi total jarak, seleksi roulette wheel, proses crossover dan mutasi, pemilihan generasi baru GA, pemilihan populasi awal algoritma imun, pemilihan setM awal, proses clone, operasi genetik, evaluasi total jarak dan affinity-Ab, Re-Selection, memilih populasi baru, mengingat solusi terbaik, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Data yang digunakan adalah data 10 kota di Jawa timur dan data 100 kota di Pulau Jawa serta diselesaikan dengan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE 7.0.1. Fungsi tujuan (jarak) minimum terbaik berdasarkan dari hybrid algoritma genetika dan algoritma imun didapatkan untuk data 10 kota di Jawa Timur sebesar 1022 km, sedangkan untuk data 100 kota di Pulau Jawa diperoleh jarak minimum sebesar 6551 km.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 14/14 Suy a
Uncontrolled Keywords: Distance Route of Goods Delivery, Genetic Algorithm, Hybrid, Immune Algorithm, Traveling Salesman Problem
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
CINDY CRISTIAN STEFANUS SUYAJID, 080912096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Herry Suprajitno, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Miswanto, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 16:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item