RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI ALOKASI PASOKAN UNTUK RANTAI PASOK CABAI MERAH BESAR DENGAN METODE FUZZY MULTIOBJECTIVE OPTIMIZATION LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS KOPERASI TANI MADE MAKMUR SURABAYA)

AYUNINGTYAS PUSPA KARINA, 080916052 (2013) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI ALOKASI PASOKAN UNTUK RANTAI PASOK CABAI MERAH BESAR DENGAN METODE FUZZY MULTIOBJECTIVE OPTIMIZATION LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS KOPERASI TANI MADE MAKMUR SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-karinaayun-29059-6.abstr-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 28-13 Kar r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi Tani Made makmur merupakan distributor hasil pertanian hortikultura, salah satunya adalah cabai. Dalam proses penjualan cabai, terdapat beberapa tujuan yang dicapai dengan beberapa syarat yang harus terpenuhi. Tujuan tersebut meliputi biaya pembelian cabai yang minimum dari setiap pemasok, retur dengan angka paling minimum, biaya pemasaran seminimum mungkin untuk mengalokasikan cabai ke tiap lokasi dan omzet yang paling maksimal tanpa ada kerugian. Pencapaian tujuan tersebut harus memenuhi syarat, syarat tersebut adalah total pasokan yang harus dibeli dari tiap pemasok, permintaan pasar, kemampuan tiap pemasok dan total pasokan yang dibutuhkan untuk dialokasikan ke tiap lokasi. Karena terdapat banyak tujuan yang ingin dioptimalkan, namun juga banyak syarat yang harus terpenuhi, maka Sistem Pendukung Keputusan (SPK) optimasi alokasi pasokan cabai dirancang dan dibangun menggunakan metode Fuzzy Multiobjective Optimization Linear Programming (FMOLP) yang bertujuan untuk mengetahui nilai optimum pencapaian tiap tujuan. Rancang bangun sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi ini dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan dan pengolahan data melalui wawancara dan observasi untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemasaran cabai. Tahap kedua adalah analisis sistem dengan metode FMOLP. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sstem yaitu tabulasi data, formulasi model dan penyelesaian FMOLP. Tahap ketiga adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan sisflow untuk menggambarkan aliran proses pengambilan keputusan optimasi alokasi cabai. Pembangunan sistem meliputi rancang bangun sistem. Hasil dari metode ini menghasilkan nilai optimal tujuan minimisasi biaya pembelian cabai, minimisasi biaya pemasaran dan minimisasi jumlah retur serta maksimisasi omzet penjualan. Sehingga metode ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan optimasi alokasi cabai merah. Pencapaian nilai solusi variabel keputusan penghitungan manual oleh software winQSB dengan penghitungan oleh sistem dicapai kesamaan sebesar 71.5 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 28/13 Kar k
Uncontrolled Keywords: PROGRAMMING
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
AYUNINGTYAS PUSPA KARINA, 080916052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto,, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item