RANCANG BANGUN SISTEM PENCARIAN DAN PEMILIHAN LOKASI BENGKEL RESMI YAMAHA DI SURABAYA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

ALFIAN ADIPURA NUGRAHA, 080916043 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PENCARIAN DAN PEMILIHAN LOKASI BENGKEL RESMI YAMAHA DI SURABAYA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-nugrahaalf-29654-7.abstr-k.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST. SI 03-14 Nug r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada kota besar seperti Surabaya kebutuhan transportasi sangatlah penting guna menunjang aktifitas dan kebutuhan sehari-hari. Transportasi kendaraan bermotor di Surabaya mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hal ini diikuti dengan banyaknya distribusi bengkel di setiap tempat sebagai layanan servis dan perawatan, khususnya bengkel sepeda motor. Pada penelitian ini, akan dibuat suatu sistem pencarian dan pemilihan lokasi bengkel Yamaha terdekat di Surabaya berbasis sistem informasi geografis untuk memudahkan user saat berkendara. Sistem ini dirancang dengan menggunakan logika fuzzy yang bertujuan untuk membantu user dalam mengambil keputusan. Rancang bangun sistem pencarian dan pemilihan lokasi bengkel ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan sebagai faktorfaktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beserta batasan nilai dari faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi jarak bengkel, kepadatan jalan, jumlah mekanik, dan rata-rata customer per hari. Tahap kedua adalah pengolahan data dan informasi dengan membuat fungsi keanggotaan. Tahap ketiga adalah analisis sistem dengan logika fuzzy. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sistem, yaitu fuzzifikasi, inferensi menggunakan Mamdani, dan defuzzifikasi. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan use case diagram dan activity digram untuk menggambarkan setiap proses yang terjadi. Pembangunan sistem meliputi implementasi sistem dan evaluasi sistem. Proses evaluasi sistem ini menggunakan black box testing dengan pemberian kuisioner, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini bersifat user friendly.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 03/14 Nug r
Uncontrolled Keywords: Design and Development
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN ADIPURA NUGRAHA, 080916043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item