UJI BIODEGRADASI N-HEKSADEKAN OLEH Cryptococcas sp. DAN Conedids sp. HASIL ISOLASI DART PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA

EKA BUDIARTY, 080112334 (2005) UJI BIODEGRADASI N-HEKSADEKAN OLEH Cryptococcas sp. DAN Conedids sp. HASIL ISOLASI DART PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
48.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-budiartyek-2048-mpb60-06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang uji biodegradasi n-heksadekan oleh Cryptococcus sp. dan Candida sp. hasil isolasi dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bertujuan untuk mengetahui persentase biodegradasi n-heksadekan % (vlv) oleh Cryptococcus sp. dan Candida sp.selama waktu inkubasi 0,7 dan 14 hari. Pengujian yang dilakukan meliputi penghitungan jumlah sel yeast menggunakan metode total plate count dan persentase biodegradasi n-heksadekan menggunakan metode kromatografi gas. Pada penelitian ini digunakan medium selektif hidrokarbon dengan penambahan konsentrasi n-heksadekan 2 % dan konsentrasi yeast 2 %. Kultur yeast diinkubasi selama 14 hari. Penghitungan sel yeast dalam kultur pertumbuhan dilakukan pada 0,3,5,7,10,12 dan 14 hari inkubasi, sedangkan penghitungan persentase biodegradasi n-heksadekan dilakukan path 0,7 dan 14 hari inkubasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara membandingkan hasil yang didapat pada masingmasing waktu inkubasi. Hasil menunjukkan bahwa yeast (Cryptococcus sp. dan Candida sp.) tumbuh pada kultur n-heksadekan yang ditandai dengan peningkatan jumlah sel yeast (CFU/ml) dan penurunan konsentrasi n-heksadekan % (v/v) dalam kultur pertumbuhan Cryptococcus sp. dan Candida sp.. Peningkatan jumlah sel yeast dan penurunan konsentrasi n-heksadekan dipengaruhi oleh waktu inkubasi. Jumlah sel yeast meningkat seiring dengan waktu inkubasi. Penghitungan persentase biodegradasi n-heksadekan menunjukkan bahwa Cryptococcus sp. dapat mendegradasi n-heksadekan sebesar 30 % dan 44,55 % setelah 7 hari dan 14 hari inkubasi. Candida sp. dapat mendegradasi n-heksadekan sebesar 13,64 % dan 21,82 % setelah 7 hari dan 14 hari inkubasi. Hal ini menunjukkan bahwa Cryptococcus .sp. lebih berpotensi dalam mendegradasi n-heksadekan daripada Candida sp..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB. 60/05 Bud u
Uncontrolled Keywords: BIODEGRADATION, CRYPTOCOCCUS, CANDIDA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
EKA BUDIARTY, 080112334UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRi Nurhayati, S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Ni'MatuzahrohUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 14 Sep 2006 12:00
Last Modified: 18 Oct 2016 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item