PENGARUH ADJUVANT INCOMPLETE FREUND DALAM PEMBENTUKAN ANTIBODI IMUNOGLOBULIN G TERHADAP ANTIGEN 0 SALMONELLA TYPHOSA

AGOES MARIJONO, 058210442 (1987) PENGARUH ADJUVANT INCOMPLETE FREUND DALAM PEMBENTUKAN ANTIBODI IMUNOGLOBULIN G TERHADAP ANTIGEN 0 SALMONELLA TYPHOSA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap Adjuvant Incomplete Freund dalam pembentukan antibodi imunoglobulin G dengan menggunakan larutan fisiologis salin sebagai pembanding dan antigen 0 S, typhosa sebagai imunogen, pada kelinci. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh A-djuvant Incomplete Freund dalam meningkatkan pembentukan antibodi Ig G terhadap antigen 0 S. typhosa, Imunisasi diberikan secara intra muskular tiap 10 hari dengan dosis antigen 0 S. typhosa 200 ug tiap kali penyuntikan, hingga titer antibodi di dalam tubuh mencapai keadaan tunak ( 10 hari kedelapan ), Pemeriksaan titer antibodi dilakukan dengan cara aglutinasi di dalam tabung gelas ( tube agglutination test ) dengan menggunakan serum dari pengamuilan melalui vena telinga setiap 10 hari selama perlakuan, Pada 10 hari kedelapan, pengambilan darah dilakukan melalui jantung sebanyak 20 ml pada tiap kelinci, kemudian serumnya dipergunakan untuk mendapatkan Ig G kelinci dengan cara pemisahan menggunakan garam amonium sulfat. Selanjutnya, untuk mendapatkan pemisahan yang lebih baik dilakukan filtrasi gel dengan menggunakan kolom Sephadex G-200. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji pool " t " dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan, titer antibodi Ig G yang dihasilkan dari imunisasi antigen 0 S. typhosa dalam Adjuvant Incomplete Freund dan larutan fisiologis salin berbeda secara bermakna pada derajat kemaknaan 0,05; dengan titer antibodi Ig G yang dihasilkan dari imunisasi antigen 0 S. typhosa dalam Adjuvant Incomplete Freund 11>26 kali lebih besar daripada titer antibodi Ig G yang dihasilkan dari imunisasi antigen 0 S. typhosa dalam larutan fisiologis salin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 213/87 Mar p
Uncontrolled Keywords: IMMUNIZATION ON ANTIBODY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
AGOES MARIJONO, 058210442UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMASTOETI ARIANTO, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item