FRENTINIDIA HERAWATI, 040710304 (2012) EVALUASI PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASI PADA PT. TELKOM DIVISI CONSUMER SERVICE TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
gdlhub-gdl-s1-2012-herawatifr-19062-a318-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fungsi produksi dan operasi yang mentransformasikan input menjadi output bertanggung jawab untuk menghasilkan produk dalam kuantitas dan kualitas yang telah ditentukan, tepat waktu, secara efektif dan efisien. Agar perusahaan dapat mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas yang diharapkan, maka diperlukan suatu evaluasi yang memadai untuk mengukurnya. Evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan berupa audit operasional. Dalam penelitian yang dilakukan pada PT. Telkom divisi consumer service timur, penulis memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit operasional fungsi produksi dan operasi untuk menilai tingkat efektivitas dalam menjalankan fungsi serta peranannya. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus deskriptif. Pada PT. Telkom divisi consumer service timur, evaluasi yang dilakukan perusahaan untuk fungsi produksi dan operasi bernama assessment TLAB dan pelaksananya adalah assesor yang merupakan personil bidang produksi dan operasi itu sendiri. Meskipun tidak disebutkan sebagai audit operasional, namun dalam pelaksanaannya assessment TLAB memiliki prosedur dan tujuan yang sama dengan audit operasional yaitu mengidentifikasi area di dalam organisasi yang memerlukan improvement , rekomendasi perbaikan dan menetapkan prioritasnya demi terwujudnya efektivitas dan efisiensi produksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan audit operasional dinilai berguna dan fungsional dalam meningkatkan kinerja perusahaan karena jaminan pelaksanaan tindak lanjut manajemen atas rekomendasi yang diberikan tim assessor dengan diadakannya proses monitoring dan evaluasi. Selain itu tujuan auditnya yang lain yaitu menentukan prioritas pada area yang memerlukan perbaikan dan improvement serta meningkatkan kualitas, efektivitas, efisiensi dan mengecilkan customer gap demi menjaga kepuasan pelanggan, dapat tercapai. Dari segi pelaksana audit kurang memenuhi independensi dan objektivitas karena dilaksanakan oleh personil bagian produksi dan operasi itu sendiri, sehingga menyebabkan kurang efektifnya pelaksanaan audit operasional. Kata kunci: audit, audit operasional, efektivitas, fungsi produksi dan operas
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 318 / 11 Her e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SERVICE;OPERATIONAL AUDIT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Mudjiono Mudj | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:51 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2537 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |