Estimasi Model Efek Tetap Klasifikasi Dua Arah Dengan Satu Covariate Melalui Model Analisis Covariate Dengan Menggunakan Estimator Least Square

Kumala Putri Rati, 080610009 (2010) Estimasi Model Efek Tetap Klasifikasi Dua Arah Dengan Satu Covariate Melalui Model Analisis Covariate Dengan Menggunakan Estimator Least Square. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-ratikumala-15482-abstrak-e.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
gdlhub-gdl-s1-2011-ratikumala-13147-kkckkm-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis Covariance (ANCOVA) merupakan teknik analisis yang berguna untuk meningkatkan presisi sebuah percobaan karena di dalamnya dilakukan pengaturan terhadap pengaruh variabel lain yang tidak terkontrol. Pembahasan pada skripsi ini dikhususkan pada model efek tetap klasifikasi dua arah dengan satu covariate. Sebagai proses estimasi, model efek tetap klasifikasi dua arah dengan satu covariate akan diubah kedalam bentuk model analisis covariance sehingga diperoleh estimator melalui metode least square yang meminimumkan . Selanjutnya akan dilakukan inferensi statistik yang secara garis besar meliputi estimasi parameter dan pengujian hipotesis. Untuk mengestimasi model efek tetap klasifikasi dua arah dengan satu covariate digunakan software SPSS 17.00 for windows serta penerapan kasus data riil melalui software SPSS 17.00 for windows. Data yang digunakan adalah data jumlah kalori yang dibutuhkan per hari. Data tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor Income Group, area geografi, dan umur orang terhadap jumlah kalori yang dibutuhkan per hari. Dalam penerapan ini melibatkan faktor pertama berupa Income Group yang terdiri dari 6 taraf (Income Group 1, Income Group 2, Income Group 3, Income Group 4, Income Group 5, Income Group 6) dan faktor kedua berupa area geografi yang terdiri dari 3 taraf (Zone 1, Zone 2, Zone 3) serta variabel covariate berupa umur orang dalam tahun. Sedangkan variabel responnya adalah jumlah kalori yang dibutuhkan per hari. Berdasarkan penerapan model diperoleh estimasi model efek tetap klasifikasi dua arah dengan satu covariate . Adanya pengaruh faktor Income Group pada Zone 1 dan Zone 2 dalam hal respon jumlah kalori yang dibutuhkan per hari, tetapi tidak pada Zone 3, serta adanya hubungan linier antara umur orang dalam tahun dengan jumlah kalori yang dibutuhkan per hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 148-10 Put e
Uncontrolled Keywords: PARAMETER ESTIMATION; REGRESSION ANALYSIS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1 Mathematics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Kumala Putri Rati, 080610009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuliyanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25467
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item