HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) PADA TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP)

Anisatul Fuaidah, 080810129 (2012) HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) PADA TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
FUAIDAH, A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Traveling Salesman Problem (TSP) dapat digambarkan dengan perjalanan seorang salesman yang mengunjungi kota, dengan rute perjalanannya dimulai dari satu kota lalu mengunjungi kota yang lain masing-masing kota tepat satu kali dan diakhiri di kota asal tempat memulai perjalanan. Tujuan dari TSP adalah mencari urutan rute kota dengan jarak yang minimal. Skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan TSP dengan menggunakan hybrid algoritma PSOSA. Hybrid algoritma PSO-SA merupakan algoritma yang menggabungkan antara algoritma PSO dan SA. Secara umum proses PSO adalah membangkitkan partikel-partikel, menentukan dan , update kecepatan dan posisi. Hybrid algoritma PSO-SA merupakan suatu proses PSO dimana pencarian dan dilakukan berdasarkan aturan SA. Algoritma berhenti ketika suhu yang dikehendaki sudah tercapai. TSP dengan 10 kota dan 100 kota diselesaikan dengan hybrid algoritma PSO-SA menggunakan bahasa pemrograman Borland C++. Solusi terbaik dari TSP 10 kota adalah 582 km dengan parameter dan Sedangkan solusi terbaik dari TSP 100 kota adalah 6239 km dengan parameter dan Berdasarkan hasil yang diperoleh dari jarak 100 kota menunjukkan bahwa semakin besar jumlah modifikasi partikel maka jarak minimal kota yang didapatkan cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 56 - 12 Fua a
Uncontrolled Keywords: TRAVELING SALESMAN PROBLEM
Subjects: Q Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Anisatul Fuaidah, 080810129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorMiswanto, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 21 Jan 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 06:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25686
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item