ADSORPSI FLUIDISASI LOGAM Cu(II) MENGGUNAKAN KITOSAN - UREA DENGAN PENAMBAHAN KARBOKSIMETIL SELULOSA (CMC) DAN GLUTARALDEHID

Reylah Mustika Dewa, 080810078 (2012) ADSORPSI FLUIDISASI LOGAM Cu(II) MENGGUNAKAN KITOSAN - UREA DENGAN PENAMBAHAN KARBOKSIMETIL SELULOSA (CMC) DAN GLUTARALDEHID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
DEWA, REYLAH.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencemaran logam Cu(II) di perairan, mengakibatkan aspek negatif bagi manusia dan lingkungan sehingga perlu untuk dihilangkan. Salah satu metode yang potensial yaitu dengan cara adsorpsi. Penelitian ini bertujuan mengetahui kapasitas adsorbsi kitosan-urea dengan metode adsorpsi fluidisasi untuk penyerapan ion logam Cu(II). Adsorben diperoleh dengan memodifikasi kitosan menjadi kitosan-urea dengan mereaksikan dengan CMC yang berfungsi sebagai stabilizer penambah berat molekul, glutaraldehid sebagai agen crosslinked dan urea sebagai penambah gugus fungsi yang selanjutnya digunakan untuk mengadsorpsi larutan CuSO4 100 ppm dengan variasi waktu antara 10 hingga 150 menit. Kolom fluidisasi yang digunakan divariasi antara jarak distributor udara dan kasa sebesar 2 cm dan 5 cm. Adsorben kitosan-urea dikarakterisasi dengan FTIR dan larutan Cu(II) setelah diadsorpsi diukur absorbansinya dengan menggunakan AAS. Daya serap maksimal adsorben kitosan-urea pada adsorbsi fluidisasi dengan kolom jarak antara distributor udara dan kasa penahan adsorben 2 cm diperoleh sebesar 35.69 mg/g atau 89.22% dan adsorbsi fluidisasi dengan kolom jarak antara distributor udara dan kasa penahan adsorben 5 cm sebesar 34.63 mg/g atau 86.57% dengan waktu kontak optimal selama 60 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 35 - 12 Dew a
Uncontrolled Keywords: CHITOSAN
Subjects: Q Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Reylah Mustika Dewa, 080810078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuyanto,, Dr. Ir. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Wafiroh,, S.Si,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 04 Feb 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item