PEMANFAATAN METODE PEMFILTERAN SPASIAL UNTUK MEMPERBAIKI CITRA MORFOLOGI GIGI TIRUAN DARI HASIL PROSES REKONSTRUKSI HOLOGRAM

Umi Masyithoh, 080412944 (2010) PEMANFAATAN METODE PEMFILTERAN SPASIAL UNTUK MEMPERBAIKI CITRA MORFOLOGI GIGI TIRUAN DARI HASIL PROSES REKONSTRUKSI HOLOGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-umimasyith-14630-mpf361-k.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-umimasyith-12220-mpf361-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Citra morfologi gigi hasil rekonstruksi hologram memiliki noise yang cukup tinggi, sehingga perlu dibangun program pengolahan citra digital untuk memfilter noise yang muncul pada citra. Penelitian ini membangun program pengolahan citra digital yang dinamakan Image Processing of Hologram. Program ini terdiri dari dua metode pemfilteran yaitu metode filter spasial dan metode filter frekuensi. Metode filter spasial terdiri dari filter high pass, filter low pass dan filter median, sedangkan metode filter frekuensi terdiri dari high pass frequency filtering dan low pass frequency filtering. Program tersebut kemudian digunakan untuk memfilter noise pada citra morfologi gigi sehingga didapatkan kualitas citra yang lebih baik. Selain itu, program ini juga mampu memprofilkan citra morfologi gigi sebelum dan sesudah difilter. Profil citra merupakan histogram distribusi intensitas pada citra, dan kualitas citra yang lebih baik dapat ditunjukkan dengan profil citra itu sendiri. Pergeseran profil citra setelah difilter yang tidak jauh dari profil citra sebelum difilter, menunjukkan bahwa informasi intensitas citra tidak berubah jauh tetapi citra yang dihasilkan menjadi lebih terang. Berdasarkan penelitian ini, low pass frequency filtering mampu memperbaiki kualitas citra tanpa mengubah informasi inti intensitas itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa low pass frequency filtering adalah filter yang cocok untuk memperbaiki kualitas citra morfologi gigi hasil rekonstruksi hologram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 36/10 Mas p
Uncontrolled Keywords: HOLOGRAM
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Umi Masyithoh, 080412944UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetna Apsari,, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 25 Jan 2011 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item