DEGRADASI KANDUNGAN MAKROMINERAL (FOSFOR) DAN MIKROMINERAL (SENG) PADA HASIL FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp.

AGUNG ZAKARIA, 141011114 (2014) DEGRADASI KANDUNGAN MAKROMINERAL (FOSFOR) DAN MIKROMINERAL (SENG) PADA HASIL FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-zakariaagu-33499-3.ringk-n.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 95-14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia sebagai Negara kepulauan yang memiliki potensi sangat besar bagi pengembangan komoditi rumput laut. Rumput laut banyak dibudidayakan karena memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan. Dari hasil budidaya tersebut banyak limbah rumput laut. Limbah yang dihasilkan biasanya hanya dibiarkan menumpuk di lokasi penimbunan dan berpotensi menjadi sumber pencemaran. Untuk mengatasi hal tersebut, limbah rumput laut seharusnya dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat. Diantara produknya adalah pupuk cair yang dihasilkan dari degradasi kandungan mineral dari limbah rumput laut Gracilaria sp. melalui proses fermentasi Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui proses fermentasi dapat mendegradasi kandungan makromineral fosfor dan mikromineral seng pada limbah rumput laut Gracilaria sp. dan untuk mengetahui jumlah degradasi kandungan makromineral fosfor dan mikromineral seng dari hasil fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. dengan lama fermentasi yang berbeda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Proses fermentasi tidak dapat mendegradasi kandungan makromineral fosfor dan mikromineral seng pada limbah rumput laut Gracilaria sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.95/14 Zak d
Uncontrolled Keywords: FERMENTASI
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG ZAKARIA, 141011114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno,, Ir., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 07:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item