EKSPLORASI BAKTERI KANDIDAT PROBIOTIK DI LUMPUR HUTAN MANGROVE WONOREJO

INDAH PRATIWI, 140911083 (2013) EKSPLORASI BAKTERI KANDIDAT PROBIOTIK DI LUMPUR HUTAN MANGROVE WONOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-pratiwiind-27902-4.ringk-n.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mangrove sebagai kawasan perpaduan antara unsur fisik dan biologi daratan dan lautan, menciptakan interaksi yang kompleks antara ekosistem daratan dan lautan. Salah satu unsur biologi yang dapat mempengaruhi sifat mangrove adalah aktivitas perombakan oleh mikroorganisme, termasuk bakteri probotik. Eksplorasi bakteri probiotik dalam perikanan budidaya telah banyak dimanfaatkan, sedangkan eksplorasi bakteri probiotik untuk perairan budidaya dari dalam tanah mangrove terutama dalam tanah mangrove di Surabaya belum banyak dilakukan. Salah satu kawasan mangrove di Surabaya adalah kawasan hutan mangrove Wonorejo, Rungkut-Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies bakteri kandidat probiotik yang ditemukan dalam hutan mangrove Wonorejo. Metode penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk survei kasus lapang dengan pengambilan sampel lumpur pada lima titik area yang berbeda. Titik pengambilan sampel adalah T1, T2, T3, T4 dan T5. T1 merupakan wilayah hutan mangrove Wonorejo di dekat tambak bandeng. T2 merupakan wilayah muara selatan hutan mangrove Wonorejo di dekat tambak bandeng. T3 merupakan wilayah muara utara hutan mangrove Wonorejo di dekat saluran air pembuangan limbah warga Wonorejo. T4 merupakan wilayah muara selatan hutan mangrove Wonorejo dan T5 merupakan wilayah muara bagian utara hutan mangrove Wonorejo. Kelima sampel lumpur dilakukan serangkaian pengujian identifikasi bekteri di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Juanda. Data hasil identifikasi dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan data persebaran bakteri probiotik pada tiap-tiap titik area pengambilan sampel lumpur hutan mangrove Wonorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri kandidat probiotik yang ditemukan adalah Bacillus sp., B. subtilis, B. licheniformis, Pseudomonas sp., P.pseudomallei, Vibrio alginolyticus dan Microccus sp. Hasil penelitian ini masih dalam bentuk bakteri kandidat probiotik sehingga diperlukan uji tantang terhadap bakteri patogen secara in vitro dan uji patogenitas pada ikan secara in vivo agar dapat diketahui manfaatnya pada bidang perikanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 30/13 Pra e
Uncontrolled Keywords: BACTERIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
INDAH PRATIWI, 140911083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, , Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 01 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 02:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item