NILAI KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN) PAKAN KOMERSIAL BERBEDA PABRIK PADA IKAN GURAMI (Osphronemus goramy Lac.) DENGAN TEKNIK PEMBEDAHAN

BINAR PRAMITASARI, 140911007 (2013) NILAI KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN) PAKAN KOMERSIAL BERBEDA PABRIK PADA IKAN GURAMI (Osphronemus goramy Lac.) DENGAN TEKNIK PEMBEDAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-pramitasar-28018-3.ringk-n.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext pramitasrai.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kecernaan serat kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) pada pemberian pakan komersial berbeda pabrik terhadap ikan gurami (Osphronemus gouramy). Penelitian ini menggunakan 3 perlakuan yaitu P1 (pakan pabrik A), P2 (pakan pabrik B) dan P3 (pakan pabrik C) dengan ulangan sebanyak 6 kali. Metode pengukuran nilai kecernaan yang digunakan adalah pengambilan feses dengan teknik pembedahan. Pengambilan feses dengan metode ini bertujuan untuk meminimalisasi kontak feses dengan air. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Variabel yang diamati adalah kecernaan serat kasar, dan kecernaan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN). Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa dengan penggunaan pakan komersial yang berbeda tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05) terhadap nilai kecernaan serat kasar dan nilai kecernaan BETN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 46/13 Pra n
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
BINAR PRAMITASARI, 140911007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item