SUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI DENGAN DDGS (Distillers Dried Grains and Solubles) TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR DAN ENERGI DAGING IKAN NILA MERAH (Oreochromis niloticus).

SATHIUL INAYAH, 140911076 (2013) SUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI DENGAN DDGS (Distillers Dried Grains and Solubles) TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR DAN ENERGI DAGING IKAN NILA MERAH (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-inayahsath-28377-4.ringk-n.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merah (Oreochromis niloticus) merupakan ikan konsumsi yang digemari masyarakat dan termasuk komoditas yang menjadi upaya peningkatan produksi perikanan budidaya pada tahun 2014 sebesar 353 % (Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2010). Untuk mendukung upaya peningkatan produksi tersebut maka diperlukan usaha salah satunya yaitu dengan budidaya ikan nila. Budidaya merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan produksi. Pakan ikan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu budidaya perikanan, disamping faktor-faktor lain seperti benih, pengelolaan, dan pencegahan penyakit (Bambang, 2001). Salah satu upaya untuk mengurangi biaya pakan dibutuhkan bahan pakan alternatif yang berkualitas baik (Bidura, 2005). Salah satu bahan alternatif yang murah dan bernilai gizi tinggi adalah DDGS (Distillers Dried Grains and Solubles). DDGS merupakan produk ikutan (sampingan) dari penggilingan kering dan industri etanol (Tangendjaja, 2008). Meskipun hasil samping dari penggilingan jagung dan harganya lebih murah daripada bungkil kedelai tetapi kandungan nutrisinya hampir sama dengan bungkil kedelai. Dari hasil analisis proksimat DDGS mengandung protein 28 %, lemak 17 %, serat kasar 10 %, BETN 27 % dan energi 3150 kkal/kg (ULPKP, 2012). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan kandungan lemak kasar dan energi dalam daging ikan nila merah (O. niloticus) pada perlakuan pakan substitusi bungkil kedelai dengan DDGS (Distillers Dried Grains and Solubles). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Analisis proksimat bahan baku pakan dilakukan di Unit Layanan Pemeriksaan Laboratoris, Konsultasi dan Pelatihan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dilanjutkan dengan Uji Jarak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 17/13 Ina s
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SATHIUL INAYAH, 140911076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 10:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item