PENGARUH PENAMBAHAN ATRAKTAN YANG BERBEDA DALAM PAKAN PASTA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN SURVIVAL RATE IKAN SIDAT STADIA ELVER(Anguilla bicolor)

WIEKE WULANINGRUM, 060710297 P (2013) PENGARUH PENAMBAHAN ATRAKTAN YANG BERBEDA DALAM PAKAN PASTA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN SURVIVAL RATE IKAN SIDAT STADIA ELVER(Anguilla bicolor). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-wulaningru-28426-3.ringk-.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan sidat, Anguilla spp. merupakan jenis yang laku di pasar internasional. Keunggulan ikan sidat salah satunya adalah dari segi kandungan gizinya, sebab kandungan vitamin dan mikronutrien pada ikan sidat sangat tinggi. Laju pertumbuhan sangat ditentukan pada kualitas pakan yang diberikan, sehingga untuk memacu pertumbuhan ikan sidat perlu disediakan pakan berprotein hewani yang tinggi. Tujuan penggunaan atraktan yaitu untuk menmgkatkan nafsu ikan sidat yang diharapkan akan meningkatkan laju pertumbuhan berat dan panjang, menurunkan rasio konversi pakan dan meningkatkan survival rate ikan sidat. Atraktan yang digunakan berupa minyak udang, belut, bandeng dan cumi. Seperti ikan-ikan lain, ikan sidat zat gizi berupa protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral Ikan sidat memerlukan pakan buatan dengan protein minimal 45% berdasarkan berat kering 100% dan pada penelitian ini bahan pakan yang digunakan mengandung protein sebesar 56,5 61,2 %. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan atraktan yang berbeda pakan pasta terhadap laju pertumbuhan harian berat, rasio konversi pakan dan survival ikan sidat (Anguilla bicolor). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan igunakan adalah : Pakan pasta + minyak udang (A), pakan pasta + minyak belut (B), pasta + minyak bandeng (C), pakan pasta + minyak cumi (D) dan pakan pasta tanpa atrakan(E). Parameter utama yang diamati adalah pcrtumbuhan, rasio konversi pakan dan tingkat kelulushidupan. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air, Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perbedaan an tar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian atraktan pada pakan pasta tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan harian berat, rasio konversi pakan dan tingkat kelulushidupan ikan sidat (p>O,05). Tingkat kelulushidupan yang air media pemeliharaan ikan sidat adalah suhu 28° - 28,5°C, pH 7 - 8, oksigcn terlarut 4 - 8 mg/I dan amoniak 1,5 - 2 mg/l

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 11/13 Wul p
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
WIEKE WULANINGRUM, 060710297 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir.M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 11:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item