IDENTIFIKASI BAKTERI PADA SALURAN PENCERNAAN KEPITING BIOLA Uca spp. YANG DIBERI PAKAN SERASAH DAUN Avicennia marina

MIKHA ALFENSI BUDIAWAN KAREHO, 060810160P (2014) IDENTIFIKASI BAKTERI PADA SALURAN PENCERNAAN KEPITING BIOLA Uca spp. YANG DIBERI PAKAN SERASAH DAUN Avicennia marina. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-karehomikh-29206-3.ringk-n.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara ekologi keberadaan Uca spp. memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem mangrove. Uca spp. menjaga kestabilan energi dalam hutan mangrove dengan cara menggali lubang (burrowing) dan mengkonsumsi serasah daun mangrove. Sumber utama makanan Uca spp. adalah bakteri perombak yang tumbuh pada sisa-sisa tumbuhan. Jenis mangrove A. marina merupakan jenis mangrove yang toleran terhadap kisaran salinitas yang luas dan merupakan pionir vegetasi yang menentukan kualitas mangrove pada tahap awal pertumbuhan. Keberadaan bakteri pengurai yang mampu mendekomposisi dengan menguraikan secara enzimatik melalui peran aktif dari enzim proteolitik, selulolitik dan kitinoklastik menghancurkan molekul organik kompleks seperti protein dan karbohidrat dari tumbuhan yang telah mati merupakan suatu hal yang bersifat eksplorasi untuk menemukan fungsi dan manfaat yaitu terdapat kesesuaian antara sumber utama makanan Uca spp. dan bakteri pada serasah daun mangrove sehingga dapat dijadikan informasi yang penting dalam pengelolaan perairan pantai yang terdapat di sekitar kawasan hutan mangrove. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret - April 2013 di Laboratorium Bakteriologi Balai Karantina Ikan Kelas I Surabaya I. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tahapan yaitu pengambilan sampel, tahap isolasi dan identifikasi bakteri. Hasil serangkaian uji biokimia, diperoleh tiga genus bakteri yaitu Actinobacillus sp., Acinetobacter sp. dan Vibrio sp. Hasil identifikasi bakteri juga menunjukkan hubungan antara saluran pencernaan Uca spp. setelah diberi serasah A. marina dengan serasah A. marina yaitu adanya kesamaan jenis bakteri Acinobacter sp. Hal ini menunjukkan bahwa Uca spp. telah memakan serasah A. marina yang sudah diberikan. Bakteri dominan yang terdapat dalam sampel Uca spp. sebelum dan sesudah pemberian serasah adalah Actinobacillus sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 68/13 Kar i
Uncontrolled Keywords: BACTERIA; FIDDLER CRABS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MIKHA ALFENSI BUDIAWAN KAREHO, 060810160PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr. Ir., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Jan 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 03:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item