PENGARUH EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.) TERHADAP TINGKAT KESEMBUHAN BENIH IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp.

NADIA FIERIAS FATHMA RIZA, 140911052 (2014) PENGARUH EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.) TERHADAP TINGKAT KESEMBUHAN BENIH IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-rizanadiaf-30758-3.ringk-n.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saprolegnia sp. merupakan jamur yang menyebabkan penyakit Saprolegniasis pada telur maupun ikan air tawar seperti ikan lele (Clarias sp). Pengobatan Saprolegniasis banyak dilakukan menggunakan obat - obatan kimia seperti malachite green, formalin, NaCl dan asetic acid. Namun penggunaan obat - obatan ini berdampak buruk bagi lingkungan maupun biotanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas antifungi dari ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.) terhadap tingkat kesembuhan benih ikan lele dumbo (Clarias sp) yang terinfeksi Saprolegnia sp. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2013 di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimental menggunakan Kruskal Walis dengan 5 perlakuan dan empat kali ulangan. Penentuan Konsentrasi diperoleh dari penelitian terdahulu. Konsentrasi yang digunakan adalah 16%, 32% dan 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak rimpang kencur mampu menyembuhkan benih ikan lele yang terinfeksi Saprolegnia sp. Dosis optimal yang diperoleh adalah 64%. Adanya aktivitas antifungi dari ekstrak rimpang kencur terhadap Saprolegnia sp. menunjukkan bahwa ekstrak rimpang kencur mempunyai senyawa yang bersifat fungistatik dan fungisidal yaitu flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk dilakukan penelitian tentang gambaran histopatologi benih ikan lele yang terinfeksi Saprolegnia sp. dan telah diobati dengan ekstrak rimpang kencur (Kaempferia galanga L.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 19/14 Riz p
Uncontrolled Keywords: MEDICINAL PLANTS; CLARIAS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
NADIA FIERIAS FATHMA RIZA, 140911052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Suprapto, Prof. Dr. Ir., M.AgrUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item