INVENTARISASI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (Scylla paramamosain) YANG DIPELIHARA DI TAMBAK DI DESA KETAPANG, GENDING DAN PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO, JAWA TIMUR

Faradilla Puspitasari, 060710310P (2014) INVENTARISASI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (Scylla paramamosain) YANG DIPELIHARA DI TAMBAK DI DESA KETAPANG, GENDING DAN PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
PUSPITASARI, FARADILLA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepiting bakau merupakan salah satu komoditas perikanan bernilai ekonomis penting, banyak dijumpai di perairan Indonesia terutama yang ditumbuhi tanaman bakau (mangrove). Data statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan, nilai produksi kepiting bakau mencapai 0,01% dari total produksi perikanan budidaya nasional yang mencapai 16,3 Triliun. Bagian tubuh kepiting bakau yang dapat dimakan mengandung protein dan lemak, bahkan pada telur kepiting kandungan proteinnya sangat tinggi yaitu sebesar 88,55% sehingga komoditas ini sangat digemari konsumen luar negeri. Salah satu kendala dalam budidaya kepiting bakau yang perlu mendapat perhatian yang serius adalah adanya serangan penyakit. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kerugian dan menurunnya tingkat kelulushidupan. kepiting bakau terserang parasit dari Protozoa (antara lain Zoothamnium sp., Vorticella sp., Epistylis sp.), sedangkan kelas Artropoda misalnya Octolasmis sp. Tujuan penelitian ini adalah menginventarisasi parasit dan mengetahui tingkat intensitas parasit yang menyerang kepiting bakau di desa Ketapang, Gending dan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel untuk menginventarisasi parasit pada kepiting bakau (S. paramamosain). Pengambilan sampel dilakukan sekali sebanyak 30 ekor dari ketiga tambak secara acak. Jumlah masing – masing sampel kepiting yang diambil sebesar 10% dari jumlah total populasi kepiting. Parameter utama yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis dan intensitas ektoparasit yang menyerang kepiting bakau (S. paramamosain). Parameter penunjang penelitian berupa kualitas air yang meliputi suhu, oksigen terlarut, dan pH diukur selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan parasit yang menyerang kepiting bakau (Scylla paramamosain) di desa Ketapang, Gending dan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur adalah Zoothamnium sp, Epistylis sp, Vorticella sp, dan Octolasmis sp. Jenis ektoparasit dengan tingkat intensitas tertinggi adalah Octolasmis sp. sedangkan yang terendah adalah Epistylis sp. Organ yang banyak diserang parasit adalah insang dan organ yang sedikit diserang adalah kaki jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 88-14 Pus i
Uncontrolled Keywords: SCYLLA PARAMAMOSAIN
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
Faradilla Puspitasari, 060710310PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri,, Dr. Ir., M. Si danUNSPECIFIED
Thesis advisorRochiman Sasmita, Prof. Dr. ,UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item