PENGARUH ALGA MERAH (Kappaphycus alvarezii) TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI DAN NILAI ORGANOLEPTIK PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

ASTRID MEGA SAPUTRI, 141011047 (2014) PENGARUH ALGA MERAH (Kappaphycus alvarezii) TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI DAN NILAI ORGANOLEPTIK PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
SAPUTRI, ASTRID MEGA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (O. niloticus) merupakan salah satu jenis ikan budidaya air tawar yang mempunyai prospek cukup baik untuk dikembangkan, karena banyak diminati oleh masyarakat. Ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan (high perishable food). Kandungan air hasil perikanan pada umumnya tinggi mencapai 56,79% sehingga sangat memungkinkan terjadinya reaksi biokimiawi oleh enzim yang berlangsung pada tubuh ikan segar. Kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan menyebabkan ikan mudah rusak, bila tidak segera dilakukan pengawetan. Pengawetan bertujuan untuk melindungi hasil perikanan dari kerusakan dan kebusukan. Pengawetan dengan menggunakan kimia telah banyak menimbulkan kekhawatiran terhadap efek sampingnya. Penggunaan bahan alami mempunyai kelebihan karena dianggap lebih aman untuk dikonsumsi. Bahan alami yang mengandung antibakteri dan antioksidan adalah K. alvarezii. Beberapa senyawa antibakteri yang terkandung dalam alga merah (K. alvarezii) yaitu alkaloid, fenolik, flavonoid, terpenoid, tanin dan saponin. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari enam perlakuan dengan empat ulangan. Konsentrasi alga merah (K. alvarezii) yang digunakan adalah konsentrasi 0 %, 25 %, 50 %, 75 %, 100 % dan formalin 1% sebagai pembanding. Penelitian dilakukan dengan mengamati jumlah total bakteri dengan metode Total Plate Count (TPC) dan nilai organoleptik pada ikan nila (O. niloticus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman air perasan alga merah (K.alvarezii) pada konsentrasi 100% berpengaruh terhadap jumlah total bakteri dan nilai organoleptik pada ikan nila (O. niloticus). Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai lama efektivitas dari air perasan alga merah (K.alvarezii) mampu menurunkan jumlah total bakteri. Penelitian lanjutan mengenai nilai total volatile base (TVB) dan analisis proksimat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 94-14 Sap p
Uncontrolled Keywords: ALGAE; BACTERIA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ASTRID MEGA SAPUTRI, 141011047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih,, Ir., M.Si. danUNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno,, Ir., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 12 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item