IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG, LAMONGAN - JAWA TIMUR

SUCI KURNIAWATI, 140911118 (2014) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG, LAMONGAN - JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
KURNIAWATI, SUCI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan konsumsi yang memiliki harga ekonomis tinggi. Nilai produksi tangkapan ikan tongkol dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data statistik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menyebutkan bahwa hasil tangkapan ikan tongkol pada tahun 2009 sebanyak 1.420.039.707 ekor dan meningkat pada tahun 2010 sebesar 1.454.305.423 ekor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi endoparasit yang terdapat pada saluran pencernaan ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan-Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui pengambilan sampel pada lokasi secara langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 150 ekor ikan dengan pengambilan sampel sebanyak empat kali. Ukuran sampel yang digunakan rata-rata panjangnya 50 cm dan berat 1 kg. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah jenis dan tingkat prevalensi endoparasit yang terdapat pada saluran pencernaan ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan-Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong terinfeksi endoparasit dari jenis Anisakis simplex. Prevalensi ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan yang terinfeksi Anisakis simplex sebanyak 10% (15 dari 150 sampel) yang termasuk dalam kategori often.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 105-14 Kur i
Uncontrolled Keywords: ENDOPARASITES; EUTHYNNUS AFFINIS
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SUCI KURNIAWATI, 140911118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati,, Dr. Ir., M.Si. danUNSPECIFIED
Thesis advisorGunanti Mahasri,, Dr. Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 12 Jan 2015 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 01:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item