PEMANFAATAN BAKTERI HETEROTROF TERHADAP SR (Survival Rate) DAN LAJU PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN SISTEM TANPA PERGANTIAN AIR

SAVITRI APRILYANA PUTRI, 141011041 (2014) PEMANFAATAN BAKTERI HETEROTROF TERHADAP SR (Survival Rate) DAN LAJU PERTUMBUHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN SISTEM TANPA PERGANTIAN AIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
PUTRI, SAVITRI A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo merupakan salah satu komoditas unggulan produk perikanan budidaya air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Perkembangan budidaya ikan lele dumbo dibatasi oleh beberapa faktor diantaranya adalah keterbatasan air. Salah satu teknologi budidaya yang bisa dikembangkan adalah dengan pemanfaatan bakteri heterotrof pada budidaya ikan sistem tanpa pergantian air sebagai alternatif guna memperbaiki kualitas air sehingga menurunkan tingkat konsumsi pergantian air. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh pemanfaatan bakteri heterotrof terhadap SR (Survival Rate) dan Laju Pertumbuhan spesifik (SGR) pada budidaya ikan lele dumbo (Clarias sp.) dengan sistem tanpa pergantian air. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Ikan lele dumbo dipelihara selama 30 hari dengan empat perlakuan dan empat ulangan yaitu P1 (kontrol/ tanpa pemberian bakteri heterotrof komersil), P2 (0,03 ml bakteri heterotrof komersil A), P3 (0,03 ml bakteri heterotrof komersil B), dan P4 (0,03 ml bakteri heterotrof komersil C). Data yang diperoleh diolah menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan Uji Berjarak Duncan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian bakteri heterotrof pada air media budidaya menghasilkan SR (Survival Rate) dan Laju pertumbuhan spesifik (SGR) yang berbeda nyata (p<0,05). Nilai SR tertinggi terdapat pada perlakuan P4 yaitu 69,997 ± 4,71 dan terendah pada perlakuan P1 (kontrol) 53,332 ± 2,72. Laju pertumbuhan Spesifik (SGR) tertinggi terdapat pada perlakuan P4 1,63 ± 0,03992 dan terendah pada perlakuan P1 (kontrol) 1,54 ± 0,03304.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 106-14 Put p
Uncontrolled Keywords: HETEROTROFIC BACTERIA; CLARIAS SP
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
T Technology
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SAVITRI APRILYANA PUTRI, 141011041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo,, S.Pi., MPUNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja,, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 12 Jan 2015 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 01:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item