SUPRAPTO HADI SAPTONO, 041013345 (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPATUHAN PEMERIKSA DALAM PELAKSANAAN PROSEDUR PEMERIKSAAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Self assessment system memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk menghitung, membayar, dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri. Oleh karena itu, kualitas pelayanan dan pemeriksaan pajak memiliki peranan penting untuk meningkatkan dan menguji kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan petugas pajak dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan proses pemeriksaan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan berpedoman pada pendapat Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yang terdiri atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas pemeriksaan berpedoman pada pendapat Mulyadi dan Puradiredja, yaitu prosedur pemeriksaan, obyektifitas pemeriksaan, tindak lanjut pemeriksaan dan edukasi dalam pemeriksaan. Untuk mengukur kepatuhan Wajib Pajak mengacu pada konsep Nurmantu yaitu kepatuhan formal terdiri dari kepatuhan dalam membayar dan melaporkan pajak. Penelitian dilakukan di KPP Madya Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan 192 sampel Wajib Pajak yang pernah diperiksa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas pelayanan dan kepatuhan pemeriksa dalam pelaksanaan prosedur pemeriksaan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Dengan demikian, semakin baik kualitas pelayanan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas pajak akan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.126/13 Sap p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Service Quality , Tax Examination | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mat sjafi'i | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2016 00:59 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2635 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |