STUDI IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT IKAN KUNIRAN (Upeneus sulphureus) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BRONDONG LAMONGAN

Catur Amrina S., 141011078 (2014) STUDI IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT IKAN KUNIRAN (Upeneus sulphureus) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BRONDONG LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
CATUR AMRINA S.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Lamongan merupakan tempat pendaratan ikan terbesar di Jawa Timur. lkan kuniran (Upeneus sulphureus) termasuk dalam kelompok ikan demersal yang mempunyai nilai ekonomis penting. Beberapa penelitian tentang ikan laut menyatakan bahwa, ikan laut sering terinfeksi cacing endoparasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cacing endoparasit dan prevalensi cacing endoparasit yang menginfeksi ikan kuniran (Upeneus sulphureus) di TPI Brondong. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (random sampling) terhadap ikan kuniran di TPI Brondong. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak empat kali pengambilan masing-masing 25 ikan, sehingga total sebanyak 100 ikan. Ikan sampel dilakukan pemeriksaan organ-organ tubuh dan saluran pencernaan, pewarnaan cacing dan identifikasi cacing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan larva stadium tiga Anisakis simplex dan cacing dewasa Camallanus carangis. Tingkat prevalensi larva stadium tiga Anisakis simplex dan Camallanus carangis pada ikan kuniran (Upeneus sulphureus) di TPI Brondong, Lamongan sebesar 36% (Commonly). Dengan ditemukannya larva stadium tiga Anisakis simplex diperlukan pengolahan yang baik dan benar sebelum ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia karena bersifat zoonosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 119-14 Cat s
Uncontrolled Keywords: ENDOPARASITES WORM; UPENEUS SULPHUREUS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
Catur Amrina S., 141011078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti,, Prof. Dr. Hj. drh., DEA dan .UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno,, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 13 Jan 2015 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item