PREVALENSI EKTOPARASIT YANG MENYERANG BENIH IKAN KOI ( Cyprinus carpio ) DI BURSA IKAN HIAS SURABAYA

NOVY PRASETYA, 060610076p (2012) PREVALENSI EKTOPARASIT YANG MENYERANG BENIH IKAN KOI ( Cyprinus carpio ) DI BURSA IKAN HIAS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-prasetyano-22452-3.ringka-n.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
pras fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai komoditas yang dibudidayakan, ikan hias memiliki nilai tambah yang menarik. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai faktor pendukung dalam melakukan usaha ikan hias, diantaranya mempunyai nilai ekonomis dan banyak peminat yang sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Salah satu masalah utama dalam budidaya ikan hias di Indonesia hingga saat ini adalah tentang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang ikan hias di kolam adalah penyakit parasiter. Untuk mengantisipasi kerugian akibat serangan parasit pada benih ikan, perlu dilakukan identifikasi jenis ektoparasit yang menyerang benih ikan koi. Hal ini dilakukan sejak awal, agar benih yang sudah membawa agen penyakit dapat berakibat negatif pada pembesaran dan tidak menyebar luas. Bahan yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah benih ikan koi ukuran 5-10 cm (Cyprinus carpio) yang diperoleh di bursa ikan hias Surabaya. Sampel yang berupa 100 ekor benh ikan koi diperoleh secara acak dari 5 penjual masing-masing 20 ekor. Pemeriksaan dilakukan dengan pengerokan (scrapping) pada permukaan tubuh, sirip dan ekor. Untuk pemeriksaan insang dengan mengambil satu lembar insang yang diduga terserang penyakit. Jenis ektoparasit yang ditemukan adalah Trichodina sp., Chilodonella sp., Myxobollus sp., Ichtyopthirius multifilis, Dactylogyrus sp, Gyrodactylus sp., dan Argulus japonicus. Tingkat prevalensi ektoparasit yang menginfestasi benih ikan Koi (Cyprinus carpio) di bursa ikan hias Surabaya adalah Trichodina sp. 84 %, Chilodonella sp. 31 %, Myxobollus sp. 17 %, Ichtyopthirius multifilis 4 %, Dactylogyrus 13 %, Gyrodactylus sp. 7% dan Argulus sp. 14 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 31 12 Pra p
Uncontrolled Keywords: FISH
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
NOVY PRASETYA, 060610076pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Sri Subekti,, Prof. Dr. B.S., Drh.,DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 21 Jan 2013 12:00
Last Modified: 13 Aug 2016 06:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item