PERBEDAAN TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH ANTARA YANG PERNAH DENGAN YANG TIDAK PERNAH MENGIKUTI TAMAN PENITIPAN ANAK

Yulia Trichrismayanti, 110010421 (2005) PERBEDAAN TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH ANTARA YANG PERNAH DENGAN YANG TIDAK PERNAH MENGIKUTI TAMAN PENITIPAN ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-trichrisma-1311-psi090-k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26473.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Taman Penitipan Anak sebagai penyedia jasa pengasuhan anak semakin dibutuhkan, seiring dengan semakin banyak ibu yang bekerja di luar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalah apakah terdapat perbedaan tingkat kematangan sosial antara anak-anak yang pernah mengikuti Taman Penitipan Anak dengan yang tidak pernah mengikuti Taman penitipan Anak pada usia pra-sekolah. Variabel dependennya adalah tingkat kematangan sosial anak usia prasekolah, sementara variabel independennya adalah keikutsertaan anak di Taman Penitipan Anak. Subyek penelitian berjumlah 59 anak. 30 anak pernah atau sedang mengikuti taman Penitipan Anak sebagai kelompok I, dan 29 anak yang tidak pemah mengikuti Taman penitipan Anak sebagai kelompok 1I. Subyek penelitian diambil siswa/siswi Taman Kanak-kanak dan Kelompok Bermain "Kusuma" RSUD Dr. Soetomo dengan cara pengambilan sampel acak sederhana menggunakan undian. Pengukuran tingkat kematangan sosial menggunakan alat ukur Vineland Social Maturity Scale, yang sudah teruji reliabilitas dan validitasnya. Reliabilitas dilakukan dengan tehnik tes-retes, dalam jangka waktu antara satu hari sampai dengan sembilan bulan. Hasilnya menunjukkan angka 0,92 untuk indeks reliabilitas tes-retes (Anastasi, 1982:278). Sementara validitas dari Vineland Social Maturity Scale ditentukan terutama dari perbedaan usia, perbandingan antara subyek normal dengan subyek yang memiliki latar belakang retardasi mental, dan korelasi skor yang diperoleh dari penilaian observer yang mengetahui dengan baik bagaimana perilaku subyek sesungguhnya (Anastasi, 1982:278). Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan statistik non-parametrik, yaitu Mann-Whitney U-Test. Memberikan nilai probability of error (p) sebesar 0.000. Sehingga dapat diputuskan bahwa Hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan : "Tidak ada perbedaan tingkat kematangan sosial anak antara yang mengikuti Taman Penitipan Anak dan yang tidak memasuki Taman Penitipan Anak pada saat memasuki Taman Kanak-kanak" ditolak. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah menerima Hipotesis Alternatif penelitian yang menyatakan : "Ada perbedaan tingkat kematangan sosial anak antara yang mengikuti Taman Penitipan Anak dan yang tidak mengikuti Taman Penitipan Anak pada saat memasuki Taman Kanak-kanak"

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.09/06 Tri p
Uncontrolled Keywords: NATURATION (PSYCHOLOGY)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Yulia Trichrismayanti, 110010421UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Summinar, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 07 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item