BIRGITA PERTIWI, 110110441
(2006)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN DENGAN KETERLIBATAN KERJA PADA DOSEN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA (FISIP UNAIR) SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya hubungan karakteristik pekerjaan dengan keterlibatan kerja pada dosen. Suatu pekerjaan yang baik harus memiliki karakteristik-karakteristik yang jelas supaya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna. Karakteristik¬-karakteristik pekerjaan tersebut yaitu skill variety, task identity, task significance, automony, dan feedback. Dosen sebagai suatu pekerjaan juga memiliki karakteristik-karakteristik tertentu, antara lain: (1) dituntut memiliki kemampuan operasional s/d kemampuan manajerial; (2) ada tujuan yang ingin dicapai agar pekerjaan yang dilakukan dikatakan berhasil; (3) memiliki makna bagi orang lain; (4) adanya suatu kebebasan dalam kegiatan belajar mengajar; (5) ada masukan dari orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterlibatan kerja diartikan sebagai derajat sejauh mana seseorang memihak pada pekerjaannya, berpartisipasi aktif dalamnya, dan menganggap kinerjanya penting bagi harga-diri
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Variabel penelitian ini adalah karakteristik pekerjaan dan keterlibatan kerja. Penelitian ini mengambil subyek para dosen FISIP UNAIR, dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengambilan data. Teknik analisa data yang digunakan adalah multiple linear regression.
Pada akhir penelitian diketahui bahwa dimensi-dimensi karakteristik pekerjaan secara bersama-sama memiliki hubungan dan berpengaruh kepada keterlibatan kerja. Pengaruh yang dialami tidak hanya pengaruh yang positif saja, melainkan ada juga yang berpengaruh secara negatif atau berkebalikan. Sedangkan dimensi-dimensi karakteristik pekerjaan secara terpisah-pisah tidak memiliki hubungan terhadap keterlibatan kerja.
Actions (login required)
|
View Item |