Wardhana Ardy Syahputra, 110110482
(2006)
POTRET LOYALITAS KONSUMEN MUSIK JAPANESE ROCK (J.-ROCK).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah studi kualitatif deskriptif tentang loyalitas konsumen, khususnya konsumen musik. Paradigma fenomenologis dipilih sebagai pijakan dalam penelitian ini, karena paradigma ini dipandang paling sesuai untuk penelitian psikologi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah deskripsi tentang loyalitas konsumen aliran musik tertentu (J-Rock) yang memiliki jumlah pendengar/penikmat minoritas. Konsumen musik ini boleh dikatakan tidak mengikuti trend yang sedang terjadi, yang lebih banyak berkiblat pada negaranegara barat seperti Amerika dan negara-negara Eropa.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Untuk meningkatkan Validitas dan Reabilitas, Penelitian ini menggunakan triangulasi data yaitu menggunakan seorang yang ahli dalam bidang musik J-Rock
Teknis analisis data yang digunakan untuk mengolah data-data interview menggunakan pendekatan "the Empirical Phenomenological Psychological method" (EPP). EPP adalah teknis analisis yang dihasilkan oleh Giorgi dan dikembangkan khusus untuk penelitian kualitatif dalam bidang-bidang psikologi. Proses analisis tersebut menghasilkan 163 Meaning Units yang kemudian dikelompokkan kedalam 31 kategori. Langkah terakhir dalam proses analisis adalah memunculkan gambaran-gambaran yang lebih umum dengan mengelompokkan kategori-kategori tersebut kedalam tema-tema yang lebih umum.
Actions (login required)
|
View Item |