PERSEPSI DAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KONSEP KECERDASAN, SERTA PENERAPANNYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

HERY WIDYARSO, 110110445 (2005) PERSEPSI DAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KONSEP KECERDASAN, SERTA PENERAPANNYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-widyarsohe-1340-psi02_0-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26576.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana persepsi dan pemahaman guru terhadap konsep kecerdasan serta bagaimana penerapannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded research. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu persepsi, pemahaman, dan penerapan konsep kecerdasan oleh guru dalam konteks belajar mengajar. Yang dimaksud dengan persepsi di sini adalah bagaimana guru memandang konsep kecerdasan. Sementara itu pemahaman adalah bagaimana guru memahami pandangannya tentang kecerdasan. Sedangkan penerapan dalarn proses belajar mengajar berarti bagaimana guru dapat menerapkan persepsi dan pemahamannya tentang kecerdasan tersebut ketika melakukan pengajaran. Untuk memperoleh subjek penelitian, pertama kali dilakukan penyebaran kuesioner awal untuk beberapa guru Sekolah Dasar dengan karakteristik yang berbeda. Dari basil kuesioner, maka subjek ditentukan secara purposif dengan mempertimbangkan jawaban-jawaban subjek dalam kuesioner awal tersebut. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap basil transkrip wawancara yang telah diverbatim dan deskripsi observasi, serta catatan lapangan. Analisis ini melalui tiga tahap, yaitu open coding, aksial coding dan selective coding. Koding adalah pengorganisasian data kasar ke dalam kategori-kategori konseptual dan pembuatan tema-tema atau konsep-konsep, yang digunakan untuk menganalisis data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.02/06 Wid p
Uncontrolled Keywords: INTELECTUALS; EDUCATION - STUDY AND TEACHING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HERY WIDYARSO, 110110445UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTino Leonardi, S.Psi.,M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 26 Jun 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 16:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26576
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item