PENGARUH PERSEPSI TERHADAP IKLAN TELEVISI YANG MENGGUNAKAN ENDORSER SELEBRITIS DAN TINGKAT INVOLVEMENT TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PRODUK DURABLE GOODS

EKA HARYANTI LESTARI, 110010354 (2005) PENGARUH PERSEPSI TERHADAP IKLAN TELEVISI YANG MENGGUNAKAN ENDORSER SELEBRITIS DAN TINGKAT INVOLVEMENT TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PRODUK DURABLE GOODS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-lestarieka-1343-psi03_0-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26578.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Loyalitas merek diyakini sebagai muara terakhir perjalanan pemasaran. Loyalitas merek merupakan tujuan akhir dari Consumer Learning yaitu proses dimana individu memperoleh pengetahuan mengenai pembelian, konsumsi dan pengalaman yang digunakan dalam perilaku mereka dimasa datang. Proses pencarian informasi tentang produk bisa melalui iklan. Salah satu daya tarik yang digunakan dalam ikIan adalah selebritis. Tujuan penggunaan selebritis adalah meningkatkan emotional bonding dengan konsumen, kesukaan terhadap merek, dan ekuitas merek. Tujuan tersebut tercapai apabila memenuhi beberapa pertimbangan dan kriteria seperti kredibilitas selebritis, kecocokan selebriti dengan khalayak, kecocokan selebriti dengan merek serta daya tarik selebritis. Selain faktor iklan, loyalitas konsumen juga akan meningkat apabila konsumen telah membentuk keterlibatan dengan produk. Keterlibatan atau involvement diartikan sebagai situasi dimana sebuah stimulus bersifat relevan pada kebutuhan, keinginan dan value dari konsumen. Terdapat pertentangan teori mengenai penggunaan selebritis dalam iklan dan tingkat involvement terhadap pembangunan loyalitas merek. Shimp dan Sumardy mengatakan bahwa pengggunaan endorser selebritis dalam iklan akan efektif pada produk yang merniliki keterlibatan rendah (low-involvement). Bilson Simamora mengatakan bahwa pada situasi keterlibatan apapun, endorser selebritis dapat digunakan dalam iklan. Fenomena yang ada saat ini memperlihatkan banyaknya iklan yang menggunakan endorser selebritis, baik pada produk durable goods (high-involvement) maupun produk consumer goods (low-involvement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.03/06 Les p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF38-64 Philosophy. Relation to other topics,
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
EKA HARYANTI LESTARI, 110010354UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dra.,M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 27 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26578
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item