HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEGEMARAN MEMBACA MANGA/KOMIK JEPANG DENGAN TINGKAT KREATIVITAS SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 5 SURABAYA

Ninno Subchannanda Prematura, 119810258 (2005) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEGEMARAN MEMBACA MANGA/KOMIK JEPANG DENGAN TINGKAT KREATIVITAS SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 5 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-prematuran-1352-psi75_0-t.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26579.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. Membaca merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kreativitas. Manga/komik Jepang merupakan salah satu jenis bacaan yang dapat memacu imajinasi anak. Dalam manga/komik Jepang juga terdapat unsur humor yang berupa kejadian ganjil dan lucu. Kedua hal tersebut di atas dapat meningkatkan kreativitas anak, khususnya pada segi kelancaran, keluwesan, dan orginilitas. Selain itu terdapat beberapa pendapat bahwa komik dapat membuat anak untuk menghasilkan karya cetak sendiri baik yang berupa tulisan ataupun yang berupa gambar, dan juga kebanyakan pekerja seni peran yang memiliki kegemaran membaca sejak masih anak-anak bahkan sampai dengan dewasa. Hal ini sangat berbeda dengan keadaan di Indonesia, dimana terdapat sirkulasi buku manga/komik Jepang yang sangat besar, tetapi pada kenyataannya tingkat kreativitas para pekerja seni peran (dalam hal ini sutradara atau penulis naskah) yang bekerja dalam pembuatan pariwara masih sangat rendah. Menurut Badan Pengawas Periklanan Indonesia (BPPI), masih banyak pelanggaran terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh BPPI. Dari sini timbul pertanyaan apakah ada hubungan antara tingkat kegemaran membaca manga/komik Jepang dengan tingkat kreativitas pada siswa kelas 7 SMP Negeri 5 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.75/06 Pre h
Uncontrolled Keywords: READING; COMIC BOOKS, STRIPS, ETC SOCIAL ASPECTS;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Creators:
CreatorsNIM
Ninno Subchannanda Prematura, 119810258UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Y., S.Pi.,M.pUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 29 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item